Headlines
Loading...
 Sekda Kabupaten Malang Ingatkan Camat Tirtoyudo dan Lurah Turen

Sekda Kabupaten Malang Ingatkan Camat Tirtoyudo dan Lurah Turen

KEPANJEN MALANG, Zonapostindonesia.com - Camat Tirtoyudo, Joanico Da Costa, S.Sos. MM dan Lurah Turen, Eko Darmawan, SPd yang baru menjalani prosesi Serah Terima Jabatan (Sertijab) diharapkan mampu menjalankan tugas dengan baik, amanah dan mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, M.M saat memberikan arahan pada acara Serah Terima Jabatan Administrator di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang di Ruang Anusapati Kabupaten Malang, Senin, (29/11/2021) sore. Kedua pejabat ini sebelumnya telah dilantik oleh Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M dan diambil sumpahnya pada tanggal 19 November lalu.

''Jabatan adalah suatu wujud amanah, baik dari Allah SWT, pemerintah, maupun masyarakat, sehingga harus dilaksanakan pula dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab. Marilah sejenak kita syukuri bersama, seraya memohon agar amanah yang telah diberikan ke pundak saudara sekalian dapat menumbuhkan semangat baru untuk semakin giat bekerja, melanjutkan tugas serta pengabdian, dalam memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Kabupaten Malang. Perlu diingat bahwa jabatan merupakan sebuah amanah, dan akan dipertanggungjawabkan, baik dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak," jelas Wahyu Hidayat dalam arahannya.                         

Dalam prosesi sertijab tadi, diawali penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan dan Memori Jabatan Camat Tirtoyudo dari Achmad Sovie Nuralam, S.STP selaku Plt. Camat kepada Camat baru yakni Joanico Da Costa, S. Sos, MM. Kemudian, dilanjutkan ceremonial penyematan tanda pangkat dan tanda jabatan lurah oleh Sekretaris Daerah kepada Eko Darmawan, S.Pd sebagai Lurah Turen, Kecamatan Turen yang disusul penyerahan petikan keputusan Bupati Malang. Turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, dan para Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang.

Dalam kesempatan ini, Sekda Kabupaten Malang juga menegaskan, bahwa pemahaman dasar tentang konsep inilah yang akan melahirkan seorang pemimpin dengan tingkat kesadaran yang tinggi dan kematangan diri di semua sisi. Pertama, saran Wahyu Hidayat yakni rendah hati dalam menjalankan amanah. Melihat ke atas sebagai motivasi bukan untuk jadi rendah diri, dan melihat ke bawah agar lebih bersyukur, bukan untuk menjadi tinggi hati.

Kedua, loyalitas dalam menjalankan amanah, dan tegak lurus dalam mendukung kebijakan strategis Kepala Daerah, termasuk mewujudkan Visi Misi Kabupaten Malang, dan ketiga, kesediaan menerima dengan lapang dada terhadap berbagai macam kritik, masukan dan saran yang sifatnya membangun. Ketiga hal tersebut hendaknya dapat menjadi pedoman dan tuntunan bagi para ASN di Kabupaten Malang, utamanya bagi para pejabat Administrator yang posisinya sangat strategis dalam tatanan birokrasi.

''Agar dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsi jabatan dengan sebaik-baiknya. Junjung tinggi kedisiplinan dan profesionalitas. Ibarat pepatah “Jangan Menumbuk di Periuk, Bertanak di Lesung” yang maknanya “jangan berbuat suatu pekerjaan yang menyalahi kebiasaan”, dan dapat diartikan agar saudara sekalian juga dapat bekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selanjutnya, sebagai kepanjangan tangan Bupati selaku Kepala Daerah, saya berharap kepada para Camat agar mampu menjadi ujung tombak sekaligus leader di wilayah kerjanya masing-masing. Agar segera melakukan konsolidasi, koordinasi dan komunikasi lintas sektoral di tingkat kecamatan, terutama berkaitan dengan penyelenggaraan pelayanan masyarakat dan juga program vaksinasi yang tentunya perlu untuk segera dipercepat.

Mengingat saat ini kita juga sudah berada di penghujung tahun, dimana kebiasaan mobilitas masyarakat yang meningkat menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru, dikhawatirkan akan menjadi pemicu lonjakan kasus Covid-19 nantinya," tambahnya.

Wahyu Hidayat juga mengingatkan kembali kepada seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang agar tidak pernah mengenal lelah untuk membangun sinergitas, dalam rangka mewujudkan program Pemerintah Kabupaten Malang, dengan prinsip 5K Budaya Kerja ASN Kabupaten Malang yaitu KERJA KERAS, KERJA CERDAS, KERJA IKHLAS, KERJA TUNTAS, KERJA PRESTASI.

Harapannya, yang duduk di pemerintahan ini dapat melaksanakan tugas dengan baik, menjadi team work yang tangguh, dan kompak, serta mampu menjawab berbagai tantangan, dengan kinerja yang baik, demi Kabupaten Malang yang semakin maju.

PEWARTA: DW SURYA
#Kepanjen #Malang #Sekda #Camat #Sertijab

0 Comments: