Headlines
Loading...
PILKADES DAN KRITERIA PEMIMPIN IDAMAN UMMAT

PILKADES DAN KRITERIA PEMIMPIN IDAMAN UMMAT

OLEH: MOCH. QUSAYERI* 

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021 di Kabupaten Bondowoso Provinsi Jawa Timur, dijadwalkan akan berlangsung pada 15 November 2021 yang akan dilaksanakan di 171 desa.

Sebagai ummat Islam tentunya kita memiliki kewajiban untuk memilih pemimpin yang sesuai dengan kriteria pemimpin yang diajarkan dalam Islam. Rasulullah Saw merupakan contoh teladan pemimpin terbaik yang beliau memiliki sifat wajib diantaranya; Siddiq (Jujur), Amanah (dipercaya), Tabligh (menyampaikan), Fathonah (cerdas).

Dari hal tersebut, setidaknya para pemilih mampu mengetahui kriteria setiap calon yang akan mereka pilih agar nantinya Kepala desa yang terpilih mampu mengemban tugas dengan amanah.

Rasulullah SAW bersabda;

وَإِنَّهَا أَمَانَةٌ وَإِنَّهَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ خِزْىٌ وَنَدَامَةٌ إِلاَّ مَنْ أَخَذَهَا بِحَقِّهَا وَأَدَّى الَّذِى عَلَيْهِ فِيهَا.

Artinya: “Sesungguhnya kekuasaan itu adalah amanah, dan ia pada hari kiamat menjadi kehinaan dan penyesalan, kecuali bagi orang yang mendapatkan kekuasaan itu dengan haknya dan melaksanakan kewajibannya dalam masa kekuasaannya.” (HR. Muslim no. 4823 dari sahabat Abu Dzar radhiallahu ‘anhu).

Merujuk dari Hadits tersebut, Al-Imam Abdullah bin Husain bin Thahir, beliau mengarang sebuah Nadham atau Qosidah Ya Arhamarrohimin yang populer dilantunkan baik di masjid maupun di surau. Dalam bait qosidahnya terdapat beberapa do’a yang ditujukan untuk mendapatkan pemimpin yang baik.

نسألك والی يقيم ۰۞۰ العدل گی نستقيم        علی هداك القويم ۰۞۰ ولا نطيع اللعين

Nas-aluka wâlî yuqîm. Al’ad-la kay nastaqîm ‘Alâ hudâkal qowîm wa lâ nuthî’ulla’în

Artinya: ”Kami minta kepada-Mu, Pemimpin yang menegakkan keadilan, agar kami bisa lebih melakukan istiqomah ibadah, Diatas tuntunan hidayah-Mu yang tegak dengan benar dan mulia, dan hingga kami tidak berpemimpin kepada orang yang Engkau murkai.”

نسالك بجاه الجدود ۰۞۰ والی يقيم الحدود       فينا ويکفی الحسود ۰۞۰ ويدفع الظالمين

Nas-aluka bijâhil judûd Wâliy yuqîmul hudûd Fînâ wa yakfîl hasûd Wa yadfa’udh-dhôlimîn

Artinya: “Kami meminta kepada-Mu, demi wali-wali-Mu yang selalu memperbaharui keadaan, kami meminta kepada Mu Pemimpin yang menegakkan kebenaran pada kami, dan menjaga kami daripada orang-orang yang dengki dan melindungi kami dari kedholiman.”

Memahami makna yang terkandung dalam qosidah tersebut, ulama asal Yaman pengarang kitab Sullam Taufiq itu juga menginginkan agar para pemimpin memiliki dasar integritas, komitmen, dan pelayanan yang baik yang beliau juga ukir dalam lanjutan bait qosidahnya;

يزيل للنگرات ۰۞۰ يقيم للصلوات         يأمر بالصالحات ۰۞۰ محب للصالحين

Yuzîlu lilmunkarôt Yuqîmu lissholawât Ya,muru bisshôlihât Muhibbun lisshôlihîn

Artinya: Pemimpin yang selalu membenahi kemungkaran, melakukan shalat, pemimpin yang selalu memerintah kepada hal hal yang baik, dan mencintai orang orang yang shalih.”

يزيح کل الحرام ۰۞۰ يقهر کل الطغام      يعدل بين الانام ۰۞۰ ويؤمن الخالفين

Yuzîhu kullal harôm Yaqharu kullath-thoghôm Ya’dilu bainal anâm wa yu,minul khô-ifîn

Artinya: Pemimpin yang selalu membenahi segala hal yang dilarang agama, dan menindas semua mereka yang berbuat dzalim, pemimpin yang adil diantara manusia, dan mengamankan serta melindungi orang orang yang dalam ketakutan dan kerisauan.

Dari ulasan tersebut semoga bisa menjadi pedoman bagi kita sebagai pemilih yang bijak dan semoga kepala desa yang terpilih benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara luas di desa masing-masing, serta proses pesta demokrasi tingkat desa ini berjalan dengan aman dan tertib.

*Penulis merupakan alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo yang saat ini menjadi guru MDTA Ummul Mu’minin desa Nogosari kecamatan Sukosari, dan juga sebagai Sekjen PAC GP Ansor Sukosari, serta aktif sebagai Jurnalis Media Online Zonapostindonesia.com

#Pilkades #Bondowoso #Jujur #Adil #Aman #Damai

1 komentar

  1. Terimakasih atas artikelnya, bisa jadi referensi kita dalam memilih pemimpin. 👍👍👍

    BalasHapus