Headlines
Loading...
Loh ! Kementerian Sosial Datangi Dinsos Jombang, Ada Apa?

Loh ! Kementerian Sosial Datangi Dinsos Jombang, Ada Apa?

JOMBANG, Zonapostindonesia.com - Dengan adanya dugaan terdapat 2017 Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang belum didistribusikan oleh Dinas Sosial Jombang, Jawa Timur. Dimana para Keluarga Penerima belum menerima bantuan pemerintah tersebut.

Bahkan pada Bulan Oktober, bisa diduga ada sekitar 99 ribu KKS belum juga dicairkan, sehingga dinilai menghambat program yang digadang pemerintah dalam hal kesejahteraan sosial.

Untuk itu Kementerian Sosial (Kemensos) mengirimkan orang terpentingnya untuk melakukan sidak atau kunjungan ke Dinas Sosial Kabupaten Jombang dengan mendatangi Agen E-Warung.

Hari Purnomo, Kadinsos Jombang membenarkan akan adanya kunjungan dari Kemensos, Namun pihaknya menampik tudingan akan adanya data yang dinilai amburadul.

“Kunjungan dari Kemensos untuk monitoring penyaluran bansos sembako. Tidak ada indikasi data amburadul.” terangnya. Selasa, (30/11/2021).

Mengenai tidak adanya data sekitar 2017 KKS yang belum distribusi dikarenakan adanya alamat yang tidak ditemukan, meninggal dunia.

Hanya saja pendamping atay Dinsos Jombang diduga masih malas untuk memperbaiki data atau mengalihkan ke pihak atau warga yang berhak mendapatkan bantuan.

“Monev pelaksanaan bansos sembako di Jombang. Termasuk 2000-an KPM yang belum bertransaksi untuk alokasi Juli-September karena bermacam-macam sebab, masalah KKS (hilang lupa pin dan lain lain), KPM meninggal, luar kota dan lain lain.” jelasnya

Sedangkan pada bulan Oktober pendistribusian untuk semua KKS sudah tersalurkan.

“Oktober sudah tuntas tersalurkan,” ungkap Kadinsos Kabupaten Jombang melalui aplikasi WhatsApp.

Sekedar diketahui bahwa pada Minggu 21 November 2021, Menteri  Sosial Tri Rismaharini sewaktu melakukan kunjungan ke Kota Nganjuk, pihaknya menyoroti data di Kabupaten Jombang. Dari data yang tersaji, terdapat 2017 KKS yang belum terdistribusi dikarenakan KPM meninggal dunia. Data tersebut menimbulkan pertanyaan besar oleh Kementerian Sosial karena pendamping menyatakan dari KPM yang meninggal dunia, tidak ada ahli waris.

PEWARTA: HARIYANTO
#Jombang #Kemensos #Dinsos #KKS #KPM

0 Comments: