Headlines
Loading...
Komisi II DPRD Kabupaten Situbondo, Adakan Rapat Kerja Terkait Pengadaan dan Pendistribusian Pupuk Gratis

Komisi II DPRD Kabupaten Situbondo, Adakan Rapat Kerja Terkait Pengadaan dan Pendistribusian Pupuk Gratis

SITUBONDO, Zonapostindonesia.com - Menanggapi keluhan masyarakat mengenai kelangkaan pupuk, Komisi II DPRD Kabupaten Situbondo mengadakan rapat kerja terkait pengadaan dan pendistribusian pupuk gratis, yang bertempat di ruang rapat gabungan DPRD Kabupaten Situbondo. Rabu (23/11/2021).

Dalam acara hearing tersebut, turut diundang  Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Situbondo, LPSE (Lembaga Pengadaan Secara Elektronik) dan Distributor Pupuk di Kabupaten Situbondo.

Drs. H. Hariyadi Tedjo Laksono, M.Si., selaku Kepala DTPHP Situbondo menyampaikan bahwa saat hearing, Komisi II DPRD Kabupaten Situbondo mempertanyakan kelangkaan pupuk, sehingga pihaknya menjelaskan bahwa ketersediaan stok pupuk subsidi dan non subsidi masih ada, jadi aman sampai Bulan Desember dan tidak mengalami kelangkaan.

Terkait pendistribusian pupuk gratis kepada petani akan dilakukan pada minggu depan dengan langsung menuju titik lokasi, sedangkan data penerimanya mengacu pada aplikasi E-RDKK Tahun 2021.

"Dulu pedoman di E-RDKK adalah petani yang memiliki luas lahan 0,4 hektare, tetapi karena sekarang ada kenaikan harga sehingga acuan data E-RDKK tahun 2021 adalah petani yang memiliki luas lahan 0,299 hektare, " terangnya.

Sementara itu usai hearing, Bpk Abdul Aziz selaku Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Situbondo menyampaikan bahwa stok pupuk di Kabupaten Situbondo masih tersedia. Hanya saja saat ini jatah pupuk dari pemerintah dikurangi, yang awalnya 44 ribu ton menjadi 21 ribu ton pupuk. Ia berharap ketika pendistribusian pupuk perlu ada pengawasan, untuk mengantisipasi adanya kios dan kelompok petani yang nakal.

"Hasil rekomendasi dari Komisi II tadi, kalau ada kios dan kelompok tani yang nakal, agar segera dicabut ijinnya, " ucapnya.

PEWARTA: SIGIT PRAMONO
#Situbondo #DPRD #Pengadaan #Pendistribusian #PupukGratis #DTPHP #LPSE

0 Comments: