Headlines
Loading...
Hari Jadi Kabupaten Malang Ke-1261, “Banyak Sejarah Perjalanan Untuk Diingat Dan Dijadikan Penyemangat”

Hari Jadi Kabupaten Malang Ke-1261, “Banyak Sejarah Perjalanan Untuk Diingat Dan Dijadikan Penyemangat”

KEPANJEN MALANG, Zonapostindonesia.com - Banyak peristiwa yang mengiringi sejarah perjalanan Kabupaten Malang, yang tidak hanya untuk dikenang tetapi harus dapat menjadi pengingat, penyemangat, serta pendorong untuk lebih mencintai dan memberikan sumbangsih terbaik bagi Kabupaten Malang.

Hal ini disampaikan Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M. M., dalam sambutannya ketika memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi ke-1261 Kabupaten Malang yang dilaksanakan di Halaman Pendopo Panji Kepanjen, Kabupaten Malang, pada Minggu (28/11) pagi.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Malang, Wakil Walikota Batu, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang, Jajaran Forkopimda Kabupaten Malang, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, para Asisten, segenap Kepala Perangkat Daerah, Camat se Kabupaten Malang, Direktur Utama BUMD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK, Pimpinan Perguruan Tinggi se-malang raya serta sejumlah undangan lainnya.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang pada tahun ini sama dengan tahun sebelumnya, di mana sebagai dampak dari pandemi Covid-19, tahun ini kembali dirayakan dengan sederhana namun khidmad penuh kebersamaan.

Bupati Malang mengajak untuk membangkitkan kembali semangat guyub rukun, kebersamaan dalam membangun Kabupaten Malang. Terlebih pandemi Covid-19 yang terjadi selama kurun waktu dua tahun ini sangat berpengaruh dan berdampak pada berbagai sektor termasuk pertumbuhan ekonomi. Tetapi berkat semangat kebersamaan dari berbagai pihak dan juga guyub rukun masyarakat Kabupaten Malang, semua dapat dilewati dengan baik.

Penanganan Covid-19 di Kabupaten Malang telah menunjukkan progres yang menggembirakan dengan turunnya status PPKM dari level 3 ke level 2. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, saya mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Malang yang ke-1261, diiringi doa dan harapan semoga Kabupaten Malang semakin Makmur,” sambung Bupati Malang.

Lebih lanjut Bupati Malang mengapresiasi jajaran di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang yang selama ini telah bekerja keras dan membangun sinergi yang kuat, sehingga berhasil meraih berbagai penghargaan diantaranya:

1.   Inovatif Government Award (IGA) tahun 2020, dari Kementerian Dalam Negeri;
2.   Penghargaan Anugerah Parahita Eka Praya Kategori Utama  dari Kementerian
      Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak;  
3.   Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan
      Perempuan dan Perlindungan Anak;  
4.   Penghargaan Kategori Baik pada Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen Aparatur              Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang dari Komisi Aparatur Sipil            Negara (KASN);
5.   Opini WTP ke-7 kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan;
6.   Juara I Lomba Pelayanan Keluarga Berencana Rumah Sakit (PKBRS) tingkat Nasional                tahun 2020;
7.   Top 46 Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tingkat Nasional Tahun 2020;
8.   Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra Kategori Pemerintah Daerah Kabupaten
      Besar dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan;
9.   Penghargaan TOP BUMD Award 2021 yang digelar oleh Majalah Top Business;
10. Penghargaan atas pencapaian Sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK) Provinsi Jawa                  Timur 2021;
11. Penghargaan Kepada Bupati Malang sebagai Pembina Kesehatan dan Keselamatan Kerja
      tahun 2020 dari Provinsi Jawa Timur;
12. Pemenang ke-II Lomba Gotong Royong kabupaten/kota Tingkat Jawa Timur dari
      Pemerintah Provinsi Jawa Timur;
13. Penghargaan Top 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Provinsi Jawa Timur
      tahun 2021;
14. Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur;
15. Juara I Kategori Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Terinovatif
      dalam Lomba Inovasi Daerah dan Inovasi Teknologi Tahun 2021;
16. Penghargaan Inovasi Cegah Stunting 2021 Kategori Pemberdayaan Masyarakat dari                  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional;
17. Penghargaan UKM Flash di Puskesmas Ampelgading sebagai juara I Tingkat Nasional. 

Atas keberhasilan tersebut, Bupati Malang menyampaikan terima kasih, dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap unsur penyelenggara pemerintahan, para pemangku kepentingan, dan seluruh masyarakat yang telah memberikan perhatian dan dukungan yang begitu besar terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Malang.

“Prestasi dan penghargaan tersebut bukanlah tujuan utama, namun demikian dengan adanya prestasi dan penghargaan yang telah diraih diharapkan dapat lebih meningkatkan semangat dan menumbuhkan etos kerja dalam melaksanakan program kegiatan dan pembangunan sehingga manfaat dan dampaknya dapat benar-benar dinikmati oleh masyarakat,” ucap Bupati Malang.                              

Selanjutnya dalam tasyakuran Peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang, Bupati Malang menyampaikan terima kasih kepada hadirin sekalian, yang telah meluangkan waktunya untuk dapat bersilaturahmi sekaligus bersama-sama bermunajat kepada Allah SWT, sebagai bentuk rasa syukur atas keberkahan yang didapatkan hingga kini Kabupaten Malang sudah menginjak usia ke-1261 tahun.

Terima kasih juga disampaikan kepada semua pihak yang selama ini telah memberikan kontribusi terbaiknya sebagai mitra strategis Pemerintah Kabupaten Malang.

“Semoga apa yang telah kita lakukan, kita upayakan dan kita perjuangkan selama ini, mampu menghantarkan Kabupaten Malang menuju Terwujudnya Kabupaten Malang yang Bersatu, Berdaulat, Mandiri, Sejahtera dan Berkepribadian dengan Semangat Gotong Royong berdasarkan Pancasila dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika,” tutur Bupati Malang.

Dalam peringatan Hari Jadi ke-1261 Kabupaten Malang tahun ini, lanjut Drs. H. M. Sanusi, M. M., menjadi tonggak awal atau starting point sekaligus momentum untuk memperkuat pondasi pembangunan.

Sebagaimana RPJMD Kabupaten Malang Tahun 2021-2026, bahwa arah kebijakan pembangunan Kabupaten Malang kedepan terbagi dalam 5 periode, di mana pada tahun 2022 arah kebijakan lebih difokuskan pada “Pemulihan Ekonomi dan Penataan pelayanan publik melalui reformasi birokrasi sebagai upaya pemerintah untuk mencapai good governance”.

“Secara khusus untuk pemulihan ekonomi dilakukan melalui pengembangan ekonomi lokal sektor unggulan dan penguatan SDM, dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi, dan kondisi sosial masyarakat. Sedangkan penataan pelayanan publik melalui reformasi birokrasi dilakukan dengan perbaikan konektifitas pelayanan publik, peningkatan infrastruktur layanan, sekaligus peningkatan kualitas Aparatur Sipil Negara,” ucap Bupati Malang.

Di akhir sambutan Bupati Malang berharap, momen peringatan Hari Jadi ke-1261 Kabupaten Malang dijadikan sebagai wadah perekat yang dapat memperkuat sinergitas, dan mempersatukan persepsi, untuk mengarahkan perumusan strategi agar berjalan selaras dan berkesinambungan dalam rangka mencapai visi, misi, tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

PEWARTA: DW SURYA
#Kepanjen #Malang #Bupati #HariJadiKabupatenMalangKe-1261

0 Comments: