Headlines
Loading...
DPRD Kabupaten Situbondo, Gelar Rapat Paripurna

DPRD Kabupaten Situbondo, Gelar Rapat Paripurna

SITUBONDO, Zonapostindonesia.com - DPRD Kabupaten Situbondo menyelenggarakan rapat paripurna dalam rangka Persetujuan Nota Kesepakatan KUA PPAS APBD Tahun Anggaran 2022, di Ruang Sidang Utama DPRD, Senin, (29/11/2021).

Acara rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Situbondo Edi Wahyudi, serta turut dihadiri Jajaran Forkopimda, jajaran OPD dan diikuti Anggota DPRD.

Dalam sambutannya, Wabup Situbondo, Hj Khoirani, S.Pd., M.H., menjelaskan bahwa penyampaian rancangan kebijakan umum APBD dan rancangan prioritas plafon anggaran sementara tahun anggaran 2022 sudah disampaikan kepada DPRD untuk dibahas dan disepakati bersama, selanjutnya menjadi pedoman perangkat daerah dalam menyusun RKA-SKPD.

Perlu dipahami bahwa kondisi keuangan pemerintah daerah saat ini mengalami defisit, perkiraan pendapatan yang direncanakan sebelumnya dalam RKPD dan rancangan KUA-PPAS yang telah disampaikan ke DPRD beberapa waktu yang lalu tidak sesuai dengan prediksi.

"Berdasarkan surat Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia nomor S-170/PK/2021 tanggal 1 Oktober 2021, Dana Alokasi Umum berkurang sebesar Rp68.352.621.390. Kemudian Dana Insentif Daerah berkurang Rp. 23.789.563.989," terangnya.

Lebih lanjut, ada beberapa kegiatan yang direncanakan harus disesuaikan kembali dari sisi pendanaannya, bahkan beberapa diantaranya terpaksa harus ditiadakan. Dalam upaya penyesuaian tersebut, visi-misi kepala daerah menjadi prioritas yang diutamakan demi terlaksananya tahun anggaran 2022.

Sementara itu, Edi Wahyudi selaku Kepala DPRD Situbondo mengatakan bahwa setelah beberapa kali diadakan pembahasan di tingkat komisi dan badan anggaran, akhirnya hari ini dapat melaksanakan kegiatan rapat paripurna persetujuan dan kesepakatan KUA PPAS APBD Tahun 2022.

"Mengingat sesuai aturan pengesahan APBD harus dilaksanakan pada akhir Bulan November, maka besok akan diadakan maraton rapat paripurna pembahasan dan pengesahan APBD tahun anggaran 2022," katanya.

PEWARTA: SIGIT PRAMONO
#Situbondo #DPRD #OPD #RKPD

0 Comments: