Headlines
Loading...
Dinsos Kabupaten Situbondo, Adakan Sosialisasi dan Pelatihan Kerja Kepada Warga Rutan Kelas IIB Situbondo

Dinsos Kabupaten Situbondo, Adakan Sosialisasi dan Pelatihan Kerja Kepada Warga Rutan Kelas IIB Situbondo

SITUBONDO - Dinas Sosial Kabupaten Situbondo mengadakan sosialisasi, bimbingan dan pembinaan mental, fisik, spiritual sosial serta pelatihan keterampilan kerja kepada warga binaan Rutan (Rumah Tahanan) Kelas IIB Situbondo, Kanwil Kemenkumham Jatim, Rabu (17/11/2021).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Situbondo Samsuri, S.Sos., MM., menyampaikan pihaknya bekerja-sama dengan Rutan Kelas IIB untuk memberikan bimbingan pelatihan keterampilan kerja kepada warga binaan, agar setelah bebas dari rutan mereka memiliki bekal keterampilan pekerjaan. Dengan harapan nantinya mampu mendapatkan penghasilan ekonomi. Di saat ini, Dinas Sosial Kabupaten Situbondo memberikan materi pelatihan kerja pembuatan meja komputer dan selanjutnya bisa terus dikembangkan oleh warga binaan.

Yakni dengan kreasi dan inovasi yang mereka miliki pasti mampu memproduksi berbagai macam jenis meja.

"Bagi warga binaan yang mengikuti pelatihan kerja saat ini, apabila nantinya mereka dinyatakan sudah bebas dari Rutan, maka Dinsos akan terus memonitor sejauh mana dampak dari hasil pelatihan yang telah mereka ikuti. Sehingga kegiatan pelatihan kerja ini bisa terus berkesinambungan," harapnya.

Sementara itu, Kepala Rutan Klas IIB Kabupaten Situbondo, Tomi Elyus memberikan apresiasi kepada Dinsos yang telah mengadakan bimbingan pelatihan kerja kepada warga binaan. Rutan tidak dibekali anggaran oleh negara untuk melaksanakan kegiatan kerja, sehingga pihaknya tidak berputus asa dan terus menjalin kerjasama dengan Dinsos, BLK (Balai Latihan Kerja) dan unsur Pemerintah Daerah lainnya.

Harapannya warga binaan bisa mendapatkan ilmu, keahlian dan bisa menghargai waktu selama di rutan dengan mengikuti bimbingan pelatihan kerja.

"Peserta yang mengikuti pelatihan kerja adalah murni warga binaan yang sedang menjalani pidana. Tak hanya itu, Kepala Dinas Sosial berjanji kegiatan ini bukan yang terakhir tetapi akan ada lanjutannya. Nanti program selanjutnya, rutan juga akan bekerja-sama dengan OPD lainnya, " ungkapnya.

PEWARTA: SIGIT PRAMONO
#Situbondo #Dinsos #Bimbingan #PembinaanMental #Spiritual #BLK

0 Comments: