Headlines
Loading...
Dinobatkan Sebagai Kabupaten Sehat, Banyuwangi Raih Swasti Saba Wistara Ke II

Dinobatkan Sebagai Kabupaten Sehat, Banyuwangi Raih Swasti Saba Wistara Ke II

BANYUWANGI - Penghargaan Tingkat Nasional Kembali diterima Kabupaten Banyuwangi dari Kementerian Kesehatan RI, Bumi Blambangan Banyuwangi dinobatkan sebagai Kabupaten sehat untuk kedua kalinya. Untuk itu Bumi Blambangan Banyuwangi berhak atas penghargaan Swasti Saba Wistara. Rabu, (17/11/2021).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh wakil Menteri Kesehatan RI. Dante Saksono Harbuwono kepada Bupati Banyuwangi secara daring.

Swasti Saba Wistara merupakan penghargaan yang diberikan kepada Kabupaten/ kota yang telah berkomitmen dan berkontribusi besar terhadap tujuan pembangunan kesehatan.ada sembilan komponen dalam penilaian pada kabupaten/kota untuk memperoleh penghargaan Swasti Saba Wistara, yaitu meliputi kawasan pemukiman dan sarpras sehat, kawasan sarana lalu lintas tertib, pelayanan transportasi kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi serta kehidupan masyarakat sehat yang mandiri. Kamis, (18/11/2021)

Menurut Dante Saksono penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat atas kinerja pemerintah kabupaten/ kota yang aktif berinovasi menciptakan kondisi daerah yang bersih, nyaman, sehat dan memotivasi daerah lain agar juga berinovasi menciptakan lingkungan yang sehat di wilayahnya masing masing.

Masa pandemi ini mengajarkan pada kita bahwa kesehatan adalah yang penting dalam kehidupan.dengan kerja sama semua pihak, bisa mewujudkan lingkungan sehat di wilayahnya masing masing.

“Kedepan mari kita tingkatkan kualitas kesehatan kita,ini pekerjaan bersama sama semua kementerian dan lembaga.” pinta Dante Saksono.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan penghargaan Swasti Saba Wistara ini adalah yang ke dua kita terima. Kita wajib bersyukur, Banyuwangi bisa mendapatkan penghargaan itu untuk kedua kalinya, ini tak lepas dari kerja keras kita dan juga kerja keras forum Banyuwangi sehat, serta pihak terkait lainnya.

Banyuwangi pada tahun 2015 berhasi meraih Swasti Saba Padapa, tahun 2017 berhasil meraih Swasti Saba Wiwerda, tahun 2019 berhasil meraih penghargaan Swasti Saba wistara I, dan kemudian tahun 2021 ini kembali meraih Swasti Saba Wistara II, Swasti Saba Wistara merupakan penghargaan paling tinggi bagi kabupaten/kota sehat.

Bagi Banyuwangi, penghargaan Swasti Saba Wistara II ini menjadi cambuk semangat untuk terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan terus melakukan inovasi kesehatan khususnya di masa pandemi ini. Situasi pandemi covid 19 memaksa seluruh warga masyarakat memberikan perhatian kepada kesehatan tubuh dan kesehatan lingkungan di sekitar kita.

Disamping itu Pemkab Banyuwangi juga gencar melakukan pemulihan ekonomi yang sejalan dengan upaya mewujudkan tatanan kabupaten sehat yang pada akhirnya berujung pada peningkatan kualitas sehat masyarakat.

“Berbagai upaya itu antara lain festival bedah rumah, festival kali bersih, sedekah oksigen, kolaborasi dengan greeneration dalam membersihkan sampah laut.” jelas Ipuk Fiestiandani.

Pewarta: Rofi'i (Sumber: Humas Pemkab Banyuwangi)
#Banyuwangi #KabupatenSehat #RaihSwastiSabaWistara

0 Comments: