Headlines
Loading...
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Situbondo, Adakan Pembinaan Usaha Unggas kepada Peternak

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Situbondo, Adakan Pembinaan Usaha Unggas kepada Peternak

SITUBONDO, Zonapostindonesia.com - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Situbondo mengadakan pembinaan usaha unggas kepada peternak, di Aula Disnakeswan Kabupaten Situbondo. Rabu, (23/11/2021).

Drs. H. Imam Darmaji, M.Si., selaku Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Situbondo menyampaikan bahwa pelaksanaan pelatihan dan pembinaan kepada peternak hewan unggas tujuannya untuk meningkatkan wawasan dalam mengembangkan usahanya.

Di Kabupaten Situbondo usaha peternakan unggas masih belum maksimal karena banyak faktor, seperti keterampilan dan kemandirian yang dimiliki peternak masih belum terbentuk, sebab rata-rata masih menggunakan sistem plasma dengan perusahaan yang sudah ada. Kemudian pihaknya berharap kepada peserta usai mengikuti pelatihan agar bisa menjalankan usaha peternakan unggas secara mandiri.

"Tindak lanjut dari hasil pelatihan ini, kami berharap para peternak unggas nantinya membuat kelompok supaya memudahkan DPKH untuk melakukan pembinaan dan memfasilitasi kegiatan usaha mereka. Lalu yang kedua kalau sudah berkelompok, nanti kita akseskan dengan kelompok ternak yang ada di Kota Blitar agar bisa saling bekerja-sama," terangnya.

Lebih lanjut, H. Imam Darmaji menambahkan bahwa pihaknya mendatangkan narasumber dari Kabupaten Blitar karena peternakan unggasnya disana diakui keunggulannya serta merupakan lumbung ternak ditingkat nasional dan provinsi. Untuk peternak unggas di Kabupaten Situbondo membutuhkan teknologi untuk memproduksi pakan ternak secara mandiri agar bisa menghemat biaya.

"Nanti kalau sudah mampu membuat pakan ternak sendiri dengan cara belajar ke Kabupaten Blitar dan tidak bergantung ke perusahaan, maka diharapkan usaha peternakan unggas di Kabupaten Situbondo bisa berkembang pesat," harapnya.

PEWARTA: SIGIT PRAMONO
#Situbondo #DinasPeternakandanKesehatanHewan #DPKH #PembinaanUsahaUnggas #Peternak #Disnakeswan

0 Comments: