Headlines
Loading...
Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo, Berikan  Pelatihan Teknologi Penangkapan Ikan Kepada Nelayan

Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo, Berikan Pelatihan Teknologi Penangkapan Ikan Kepada Nelayan

SITUBONDO, Zonapostindonesia.com - Dalam usaha mengembangan dan pemberdayaan nelayan kecil di daerah, Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo memberikan Pelatihan Teknologi Penangkapan Ikan berupa alat tangkap bubu rajungan kepada 20 nelayan dari Desa Blitok Kecamatan Bungatan. Pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari bertempat Rumah Makan Bali 2, Kecamatan Suboh. Jum’at,  (26/11/2021).

Pantauan awak media, kegiatan pelatihan penangkapan teknologi ikan hari pertama dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo Sopan Efendi, S.STP., M.Si., Kabid Pemberdayaan Nelayan Rini Indraswari, S.Pi., Anggota DPRD Fraksi PPP Wahyu Nida Aminah, S.Pd.I., beserta narasumber pelatihan dari UPT PTKP3 Probolinggo. Sedangkan hari kedua peserta pelatihan didampingi langsung oleh Kasi Peningkatan Kapasitas dan Pendampingan Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo, Mohammad Zaini, SP., M.MA.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo menyampaikan bahwa tujuan adanya pelatihan teknologi penangkapan ikan yaitu untuk memberikan pembinaan dan informasi kenelayanan kepada peserta. Kemudian nantinya terjadi proses pemberdayaan dalam pengelolaan sumberdaya perikanan secara lestari, sehingga pada akhirnya dapat menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Peserta pelatihan mengikuti praktik pembuatan alat tangkap ikan bubu rajungan yang dibimbing langsung oleh instruktur.

"Marilah kita bersama-sama  untuk terus berupaya dan bekerja keras dalam membangun sektor Kelautan dan perikanan di Kabupaten Situbondo, yaitu dengan cara memanfaatkan setiap program-program Pemerintah dengan baik dan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab, "ungkapnya.

Lebih lanjut, Sopan Efendi menerangkan bahwa, Sektor Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Situbondo memiliki potensi untuk menjadi penggerak perekonomian daerah, seperti potensi pantai yang panjang dan sangat besar. Namun hal ini belum sepenuhnya termanfaatkan secara optimal. Dengan adanya Program Pelatihan Teknologi Penangkapan Ikan ini, Dinas Perikanan kabupaten Situbondo terus berupaya membantu meringankan beban nelayan, sehingga diharapkan mampu meminimalisir resiko usaha.

PEWARTA: SIGIT PRAMONO
#Situbondo #Nelayan #DinasPerikanan

0 Comments: