Headlines
Loading...
Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Situbondo, Berikan Pelatihan Kepada Ibu-ibu Warga Desa Semiring dan Tanjung Pecinan Kecamatan Mangaran

Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Situbondo, Berikan Pelatihan Kepada Ibu-ibu Warga Desa Semiring dan Tanjung Pecinan Kecamatan Mangaran

SITUBONDO - Untuk menciptakan masyarakat yang mandiri dan terampil, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Situbondo memberikan pelatihan kepada ibu-ibu warga Desa Semiring dan Tanjung Pecinan Kecamatan Mangaran, yaitu berupa Diversifikasi Pengolahan Hasil Perikanan menjadi berbagai menu makanan produk olahan ikan, yang bertempat di Rumah Makan Kaliurang, Kecamatan Kapongan, Selasa, (09/11/2021).

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Situbondo, Sopan Efendi, S.STP., M.Si., menyampaikan bahwa Kabupaten Situbondo merupakan daerah pesisir yang mempunyai hasil laut yang cukup banyak, sehingga adanya pelatihan diharapkan masyarakat memiliki keahlian untuk mengolah hasil ikan laut menjadi berbagai menu makanan agar nilai ekonomisnya lebih tinggi.

Jadi ibu-ibu setelah mengikuti pelatihan dengan keahliannya dapat membuka usaha secara mandiri untuk menambah penghasilan ekonomi keluarganya. Kegiatan pelatihan diadakan selama tiga hari, yaitu dua hari untuk pemberian materi olahan ikan dan hari ketiga diajari packing agar bisa dijual di dalam dan luar kota.

Tak hanya itu, setelah usai pelatihan para peserta akan diberi alat hand sealer supaya dapat bekerja di rumahnya sehingga ada tindak lanjut.

“Nanti kalau usaha olahan ikan mereka terus berkembang dan diterima oleh pasar, maka akan dibentuk lima kelompok untuk dilakukan pembinaan. Kemudian kita juga akan membantu dalam pengurusan izin usaha P-IRT, izin label halal MUI dan pendaftaran izin ke BPOM.” jelasnya.

Lebih lanjut, Bapak Sopan Efendi menambahkan, bahwa pihaknya akan terus memantau dan membimbing kelompok pengolah ikan sampai mandiri, sehingga dapat membentuk home industri dan mudah-mudahan bisa terus berkembang menjadi pabrik.

Perlu diketahui, Dinas Perikanan bekerja sama dengan Arifin Anggota Komisi IV DPRD Situbondo Fraksi PPP melalui program jasmasnya untuk mengadakan acara pelatihan pengolahan hasil perikanan yang diadakan saat ini.

“Hari ini materi menu olahan ikan yang diajarkan kepada peserta yaitu membuat makanan Takoyaki berbahan dasar gurita dan makanan Takinaga yang bahan dasarnya dari baracuda atau bisa juga ikan laut.” terangnya.

PEWARTA: SIGIT PRAMONO

0 Comments: