Headlines
Loading...
Dalam Dialog Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani: Ayoo Usul Apa Yang Kalian Inginkan ?

Dalam Dialog Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani: Ayoo Usul Apa Yang Kalian Inginkan ?

BANYUWANGI - Acara dialog ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani berlangsung di Kampung Nelayan Mandar Banyuwangi pada hari jum’at 12 November 2021. Tujuan dialog tersebut adalah untuk menjaring aspirasi masyarakat nelayan Banyuwangi dan mengkoordinasikannya dengan pihak terkait. Sabtu, (13/11/2021).

Hadir dalam acara itu Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darwati, Ketua Baggar DPR RI Said Abdullah, sejumlah anggota DPR RI dan Bupati Banyuwangi.

Dalam kesempatan itu Dr. (H.C.) Puan Maharani mengharapkan usulan dari para nelayan tentang permasalahan yang dihadapinya. Misalnya bagaimana kondisi nelayan selama pandemi, urusan BBM, alat tangkap cold storage. Agar dapat kami carikan solusinya.

“Saya ingin langsung mendengar dari para bapak ibu terkait masalah yang di hadapi.” ucap Dr. (H.C.) Puan Maharani di lokasi dialog.

Banyak keluhan yang muncul dalam dialog itu mulai dari Masalah BBM, keinginan ibu-ibu nelayan untuk mandiri bahkan ada usulan yang benar-benar kreatif yaitu masyarakat nelayan ingin adanya wisata kuliner ikan di tengah laut.

Terkait keluhan BBM datang dari ketua KUB pondok layar kampung mandar, mewakili masyarakat nelayan Banyuwangi merasa keberatan dengan diwajibkannya nelayan membeli BBM jenis Pertamax oleh pertamina. Mereka ingin menggunakan pertalite yang murah harganya.

Menteri Kelautan Dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menjawab terkait BBM akan segera melakukan koordinasi dengan pihak Pertamina dan nanti akan diupayakan ada subsidi lewat koperasi nelayan, namun subsidi itu diusahakan bukan berupa barang tapi berupa uang.

“Untuk itu kami akan lakukan pendataan pada nelayan Banyuwangi supaya bantuan tepat sasaran termasuk. Kita akan data juga apa saja yang dibutuhkan warga nelayan Banyuwangi.” jelas Sakti Wahyu Trenggono seijin Dr. (H.C.) Puan Maharani.

Terkait usulan ketua KUB pantai Marina yang ingin punya wisata kuliner ikan di tengah laut. Diapresiasi oleh Dr. (H.C.) Puan Maharani dan pihak terkait akan segera melakukan kajian dan menyiapkan penunjang lainnya guna merealisasikan keinginan masyarakat nelayan itu.

Sedangkan usulan mengenai keinginan para istri nelayan yang ingin punya penghasilan sendiri juga direspon dengan sangat baik oleh menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darwati, akan segera melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah kabupaten Banyuwangi guna memberi pelatihan-pelatihan pada para istri nelayan agar memiliki keterampilan, sehingga dapat mempunyai penghasilan sendiri guna membantu ekonomi keluarganya.

Usulan para nelayan diapresiasi bagus oleh Dr. (H.C.) Puan Maharani dan para menteri terkait dengan memberi solusi terbaik sesuai dengan keinginan para nelayan banyuwangi. Acara dialog yang dimoderatori bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, berjalan lancar dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Pewarta Rofi'i (Sumber: Humas Pemkab Banyuwangi).

#Banyuwangi #DPRRI #PuanMaharani #Nelayan #Bbm

0 Comments: