Headlines
Loading...
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Hadiri Acara Bubak Sawah Di Desa Bangorejo Kecamatan Bangorejo Banyuwangi

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Hadiri Acara Bubak Sawah Di Desa Bangorejo Kecamatan Bangorejo Banyuwangi

BANYUWANGI - Mengawali musim tanam, para petani di dusun Sere desa Bangorejo kecamatan Bangorejo kabupaten Banyuwangi, menggelar acara tasyakuran ‘bubak sawah’ di Bantaran Sungai Sere. Acara itu dihadiri oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani. Rabu, (10 November 2021).

Acara bubak sawah adalah acara tradisi yang dilakukan para petani setiap memasuki awal musim tanam, tujuannya memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selama musim tanam, petani dijauhkan dari segala macam masalah dan dijauhkan dari penyakit hama tanaman. Dalam acara itu masing-masing petani membawa makanan dan saling bertukar makanan tersebut.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dalam kesempatan itu mendorong dan memotivasi para petani agar terus meningkatkan produksi pertanian dan juga mengolah hasil pertanian pasca panen dan produk turunan pertanian juga harus ditingkatkan demi mendongkrak nilai ekonomis. Pemkab Banyuwangi juga berupaya membangun jaringan irigasi termasuk sumur bor sebagai upaya meningkatkan hasil pertanian di Banyuwangi.

“Semoga hasil tanam melimpah, tidak ada halangan dan dijauhkan dari hama tanaman.” doa dan harapan Ipuk Fiestiandani.

Ketua Himpunan Penduduk Pengguna Air (HIPPA) Misnan mengatakan irigasi di kawasan dam Sere tidak ada masalah. Dam Sere mengaliri di empat desa yaitu desa Bangorejo, desa Kebondalem, desa Bulurejo dan desa Sambirejo.

“Kami hanya minta agar pemeliharaan irigasi terus ditingkatkan agar meningkatkan aliran air tersier ke sawah-sawah.”ujarnya

Sementara Plt. PU Pengairan Guntur Priambodo mengatakan acara bubak sawah merupakan acara tradisi para petani tiap jelang musim tanam. Acara ini digelar serentak di tujuh lokasi antara lain di dam Concrong Rogojampi dan dam dam Singojuruh.

“Ini tradisi para petani tiap masuk musim tanam, berharap kelancaran hasil pertaniannya.” tutup Guntur Priambodo.

Pewarta: Rofi'i, (Sumber: Humas Pemkab Banyuwangi)

#Banyuwangi #Bangorejo #BubakSawah #Pertanian

0 Comments: