Headlines
Loading...
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Meninjau Lokasi Banjir Di Kecamatan Pesanggaran

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Meninjau Lokasi Banjir Di Kecamatan Pesanggaran

BANYUWANGI - Hari ini Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meninjau langsung lokasi banjir di desa Kandangan dan desa Sumberagung kecamatan Pesanggaran. Ipuk Fiestiandani akan memastikan korban terdampak banjir mendapatkan penanganan terbaik dan juga menyerahkan bantuan sembako pada mereka warga terdampak banjir tersebut. Banjir yang melanda dua desa itu disebabkan sungai lembu tidak mampu menampung debit air hujan sehingga meluap ke pemukiman warga. Kamis, (04/11/2021).

Banjir yang melanda dua desa yaitu desa Kandangan dan desa Sumberagung (2/11/2021) disebabkan adanya pendangkalan atau sedimentasi  pada aliran sungai lembu.hujan yang mengguyur pesanggaran dengan intensitas tinggi menyebabkan air sungai lembu meluap ke permukiman warga, genangan air mencapai 50 cm dan mengakibatkan 73 KK mengungsi ke tempat aman, satu jembatan tergerus banjir.

Selain menyerahkan bantuan pada warga terdampak banjir, bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani juga memerintahkan agar segera dilakukan pengerukan atau normalisasi pada sepanjang sungai lembu agar banjir tidak terulang lagi.

“Juga kita akan memastikan apa yang menyebabkan banjir di hulu sungai,sehingga sedimentasi tidak akan terjadi lagi di aliran sungai lembu ini.” ucap Ipuk Fiestiandani di lokasi banjir.

Sementara Plt. kepala BPBD Banyuwangi Abdul Kadir membenarkan penyebab banjir disebabkan adanya pendangkalan atau sedimentasi pada aliran sungai lembu, sehingga air meluap ke pemukiman warga. Selain berdampak pada pemukiman warga, banjir juga menyebabkan sumur warga tercemar, berubah warna kuning kecoklatan. Ada 120 KK di desa sumber agung tidak bisa mengkonsumsi air sumurnya.

“Sudah tiga hari ini, kita pasok warga air bersih dan menyiapkan tangki-tangki air bersih untuk kebutuhan warga terdampak banjir luapan  sungai lembu itu.” ungkap Abdul Kadir.

Pewarta: Rofi'i, (Sumber: Humas Pemkab Banyuwangi)

0 Comments: