Headlines
Loading...
BUPATI BANYUWANGI IPUK FIESTIANDANI, BUKA FESTIVAL BEDAH RUMAH TAHUN 2021

BUPATI BANYUWANGI IPUK FIESTIANDANI, BUKA FESTIVAL BEDAH RUMAH TAHUN 2021

BANYUWANGI - Festival Bedah Rumah Tahun 2021 di Banyuwangi kembali digelar, kali ini dipusatkan di dusun Laban Sukadi desa Labanasem kecamatan Kabat. Open proyek ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, pada hari rabu (10/11/2021). Festival Bedah Rumah kali ini menyasar ratusan Rumah Tak Layak Huni (RTLH) di seluruh kabupaten Banyuwangi. Kamis, 11 November 2021.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan gelaran festival bedah rumah sudah dimulai sejak tahun 2015. Ada 327 rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang akan dibedah selama bulan November sampai Desember ini. Festival bedah rumah ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Banyuwangi (Harjaba) yang ke 250. Anggaran bedah rumah berasal dari BAZNAS, APBDes, Csr, ASN peduli dan swadaya masyarakat.

“Kali ini kita selenggarakan lagi untuk menggugah rasa gotong royong kebersamaan di tengah masa pandemi covid 19 ini.” ucap Ipuk Fiestiandani saat buka festival bedah rumah tersebut.

Selama tahun 2021, Banyuwangi telah melakukan bedah rumah pada Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 1.252 unit rumah dengan total anggaran Rp. 25 Milyar. Anggaran itu diserap melalui program Bantuan Stimulan  Perumahan Swadaya (BSPS), Dana Anggaran Khusus (DAK), TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), dan program Bupati Ngantor di Desa.

“Dengan adanya festival bedah rumah ini, akan memperluas sasaran yang selama ini telah dilakukan dan keterlibatan masyarakat secara langsung menjadi kunci suksesnya festival ini.” jelasnya.

Ungkapan rasa gembira datang dari salah satu penerima manfaat program bedah rumah ini yaitu Hanafi yang sehari-harinya bekerja sebagai buruh tani dan pekerja serabutan untuk biaya hidup istri dan anaknya. Dia tidak membayangkan bisa memperbaiki rumahnya.

"Saya sangat senang sekali dan terima kasih kepada pemerintah yang sudah membangun rumah saya ini.” tuturnya bangga.

Pewarta: Rofi'i, (Sumber: Humas Pemkab Banyuwangi)

#Banyuwangi #Bedahrumah 

0 Comments: