Headlines
Loading...
Banyuwangi Melimpah Buah Durian, Durian Si Boneng Banyak Diburu Penggemar Durian

Banyuwangi Melimpah Buah Durian, Durian Si Boneng Banyak Diburu Penggemar Durian

BANYUWANGI, Zonapostindonesia.com - Saat ini Banyuwangi sedang musim buah durian, melimpahnya buah durian tersebut adalah anugerah bagi warga Banyuwangi khususnya warga kecamatan Songgon yang menjadi sentra buah durian di Banyuwangi. Dengan adanya banyaknya buah durian itu warga berinisiatif menggelar festival durian.

Dalam festival itu disajikan aneka makanan dan minuman dari bahan durian.berbagai varietas buah durian ada di Banyuwangi, misalnya durian boneng, durian mentega, durian merah, durian orange, durian pink, durian bajul, durian montong dan lain sebagainya.

Diantara durian tersebut, durian boneng sedang trend mempunyai banyak penggemar. Penggemar durian boneng ini tidak hanya penggemar dalam negeri tapi juga penggemar luar negeri, yaitu Malaysia dan Tiongkok. Senin,  (22/11/2021).

Di kecamatan Songgon terdapat kebun milik Slamet Hariyadi yang saat ini lagi ramai dikunjungi para penggemar durian. Kebun seluas 10 hektar itu dikelola bersama dengan warga sekitar. Di kebun pak Slamet Hariyadi tersebut terdapat durian si Boneng yang diburu banyak penggemarnya. Kebun pak Slamet dibuka 24 jam dan selalu ramai didatangi para penggemar durian si Boneng.

“Sudah seminggu ini, kebun saya ramai dikunjungi penggemar durian.” ucap pak Slamet Hariyadi dengan wajah senang.

Nama durian si Boneng berasal dari nama kecil pak Slamet Hariyadi. Di masa kecilnya pak Slamet Hariyadi, dipanggil dengan sebutan Boneng oleh warga. Hingga akhirnya oleh salah satu varietas durian yang ditanamnya  di kebun diberi nama durian si Boneng yang kemudian terkenal jadi buruan penggemar durian sampai mancanegara.

Buah durian si Boneng memiliki berat mencapai 4 Kg, dagingnya tebal lebih tebal dari durian montong, rasanya manis legit ada pahitnya dan karena tebal dagingnya sampai kadang tak ada bijinya.

Menurut Slamet Hariyadi, sebenarnya durian si Boneng ini sudah ada di Songgon sejak puluhan tahun yang lalu tapi tidak terkenal, baru terkenal tiga tahun terakhir ini. Pohon durian si Boneng itu tinggi besar.

Saat ini panen durian, baru 50 persen dari semua pohon di kebun pak Slamet, nanti bulan desember baru panen raya karena semua buah durian siap dipanen.

“Silahkan datang ke kebun Boneng dan nikmati aneka buah durian, kami buka 24 jam.” promonya.

Rofi'i, (Sumber: Humas Pemkab Banyuwangi)
#Banyuwangi #Durian #Boneng #Montong

0 Comments: