Headlines
Loading...
Abdul Aziz Ketua Komisi II DPRD Fraksi Gerindra Kerjasama Dengan Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo Adakan Pelatihan Budidaya Ikan Lele

Abdul Aziz Ketua Komisi II DPRD Fraksi Gerindra Kerjasama Dengan Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo Adakan Pelatihan Budidaya Ikan Lele

SITUBONDO, Zonapostindonesia.com - Untuk memberikan pengetahuan dan mencetak tenaga ahli pembudidaya ikan, Abdul Aziz Ketua Komisi II DPRD Fraksi Gerindra melalui program jasmasnya menjalin kerja-sama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo mengadakan Pelatihan Budidaya Ikan Lele menggunakan kolam terpal kepada calon penerima sarana prasarana budidaya, bertempat di Rumah Makan Bali 2, Kecamatan Suboh. Rabu, (24/11/2021).

Kasi Produksi Perikanan Budidaya, Totok Wijayanto, S.Pi., M.Si., menjelaskan bahwa peserta yang mengikuti pelatihan adalah pembudidaya ikan pemula berasal dari sektor wilayah Barat Kabupaten Situbondo. Seperti dari daerah Kecamatan Banyuglugur, Sumber Malang, Kecamatan Mlandingan, Jatibanteng dan Besuki.

Selama pelatihan, pihaknya memberikan pembekalan materi serta pengetahuan tata cara budidaya ikan yang baik dan benar. Kemudian peserta diberi bantuan sarana prasarana untuk berbudidaya ikan lele skala rumah tangga, yakni berupa kolam terpal, bibit ikan lele, pakan dan lengkap dengan vitaminnya.

"Nanti penyuluh perikanan yang akan mendampingi pelaku usaha budidaya, mulai dari perawatan, panen hingga mencarikan pemasaran. Harapannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat," ucapnya.

Lebih lanjut Totok Wijayanto menambahkan, para peserta ketika nantinya terjun di usaha budidaya ikan, diharapkan mampu menguasai ilmu dan teknologi supaya dapat mengembangkan usahanya dan menjadi mata pencaharian utama.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Situbondo Fraksi Gerindra Abdul Aziz berharap adanya pelatihan bisa bermanfaat bagi masyarakat. Dan bantuan sarana prasarana budidaya yang diberikan kepada peserta agar bisa terus berkembang untuk menambah penghasilan ekonomi. Yang perlu jadi perhatian adalah managemen tentang pengelolaan perikanan serta managemen pemasaran. Kegiatan pelatihan saat ini berasal dari program jasmas dan sebagian dari musren.

"Kami berpesan kepada peserta supaya tekun dan memperhatikan materi juga ilmu yang disampaikan oleh Dinas Perikanan selama mengikuti pelatihan. Kemudian harus sabar dalam berbudidaya ikan supaya bisa terus berkembang," harapnya

PEWARTA: SIGIT PRAMONO
#Situbondo #DPRD #Gerindra #DinasPerikanan #BudidayaLele

0 Comments: