Headlines
Loading...
Sambangi Banyuwangi, Gubernur Jawa Timur Pantau Vaksinasi IKA UNAIR dan Melakukan Tanam Pohon Mangrove Di Teluk Pangpang

Sambangi Banyuwangi, Gubernur Jawa Timur Pantau Vaksinasi IKA UNAIR dan Melakukan Tanam Pohon Mangrove Di Teluk Pangpang

BANYUWANGI - Rangkaian kunjungan kerja Gubernur Jawa Timur di kabupaten Banyuwangi, antara lain meninjau dan memantau langsung pelaksanaan vaksinasi ikatan alumni universitas Airlangga (IKA UNAIR) Surabaya di kecamatan Muncar Banyuwangi dan juga melakukan penanaman pohon mangrove di kawasan ekosistem esensial (KEE) teluk pangpang di desa Wringin Putih Kecamatan Muncar. Kunjungan Gubernur Jawa Timur tersebut, juga diikuti oleh para bupati dan walikota se Jawa timur. Sabtu, (30/10/2021).

Upaya percepatan vaksinasi di Banyuwangi mendapatkan support dan bantuan dari ikatan alumni universitas Airlangga (IKA UNAIR) surabaya. Kemarin  Jumat 29 Oktober 2021, IKA UNAIR menggelar pelaksanaan vaksinasi di 5 titik wilayah di Kecamatan Muncar.

Program vaksinasi dengan tajuk jelajah kampung dan daerah pesisir itu dipantau langsung Gubernur Jawa timur Khofifah Indar Parawansa sekaligus sebagai ketua IKA UNAIR. Gelar vaksin yang dilaksanakan di balai desa Kedungrejo disaksikan dan dipantau oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan target yang harus dicapai adalah 2.500 vaksin bagi warga sekitar.

“Kami berterima kasih kepada Pemkab Banyuwangi yang sudah terus melakukan percepatan vaksinasi, juga terima kasih kepada semua pihak termasuk dari IKA UNAIR yang sudah membantu melakukan vaksinasi di Banyuwangi dan terima kasih juga saya sampaikan pada para tenaga kesehatan yang bekerja keras dalam percepatan vaksinasi covid 19 selama ini. Ini sebagai bentuk ikhtiar demi melindungi warga dari penyebaran virus covid 19.” ucap Khofifah Indar Parawansa.

Disamping melakukan pemantauan pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan oleh IKA UNAIR, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan rombongan juga melakukan penanaman pohon mangrove di Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) teluk pangpang di desa Wringin Putih Kecamatan Muncar. Kegiatan tanam pohon mangrove itu juga diikuti oleh wakil gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dan sejumlah instansi terkait lainnya.

“Kegiatan tanam mangrove ini merupakan gerakan restorasi kawasan mangrove yang sedang kita galakkan di Jawa timur.ini sebagai antisipasi Perubahan iklim dan lingkungan.” papar Ibu Khofifah Indar Parawansa di Pantai Cemoro Banyuwangi.

Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) Teluk Pangpang merupakan kawasan wisata konservasi mangrove dan Cemara. Kawasan tersebut sudah ditetapkan sebagai kawasan yang dilindungi. KEE teluk pangpang memiliki luas lahan 1.663.71 hektar, terletak di 2 kecamatan yaitu di kecamatan Muncar dan kecamatan Tegaldlimo. Didalamnya terdapat keanekaragaman hayati yaitu 12 jenis pohon mangrove, 43 jenis burung dan 18 Jenis bivalvia yang merupakan jenis burung migran.

“Penamaan pohon mangrove itu ditanam di lahan seluas 101 hektar, terbagi di 3 kecamatan yaitu kecamatan Muncar 25 hektar, sedang sisanya 75 hektar berada kecamatan Tegaldlimo dan pesanggaran. Bibit pohon mangrove yang ditanam sebanyak 293.280 bibit tanaman pohon mangrove.” jelas Dr. jumadi Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur.

Sementara itu Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur atas dukungan dan perhatiannya pada Pemkab Banyuwangi dan juga terima kasih kepada IKA UNAIR yang sudah membantu melakukan vaksinasi di Banyuwangi. Target percepatan vaksinasi di Banyuwangi semakin cepat dicapai dengan bantuan dari IKA UNAIR dan Gubernur Jawa Timur.

“Ini sebagai antisipasi terhadap serangan virus covid 19 gelombang ketiga yang sudah diprediksi datangnya dan juga sebagai antisipasi terhadap akan datangnya libur natal dan tahun baru.” jelas Ipuk Fiestiandani

Gerakan tanam pohon mangrove yang dilakukan Gubernur Jawa Timur dan jajarannya merupakan bagian dari kegiatan Gubernur Jawa Timur di Banyuwangi. Bagi Ipuk Fiestiandani keterlibatan Pemprov Jawa Timur yang mensupport pembangunan di Banyuwangi patut diapresiasi dan kegiatan tanam pohon mangrove itu akan menambah luasan lahan mangrove di Kabupaten Banyuwangi.

“Ini adalah ajakan Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa pada warga Banyuwangi agar ikut membantu menjaga, mengembangkan keberadaan hutan mangrove di Banyuwangi. Kegiatan tanam mangrove itu sangat menunjang keberadaan hutan mangrove di teluk pangpang yang semakin di kenal sebagai destinasi wisata alternatif di Banyuwangi" tutup Ipuk Fiestiandani.

Pewarta Rofi'i (Sumber: Humas Pemkab Banyuwangi)

0 Comments: