Headlines
Loading...
Peringati Hari Santri Nasional, SMAN 1 Sumber Gelar Mayoran

Peringati Hari Santri Nasional, SMAN 1 Sumber Gelar Mayoran

PROBOLINGGO - Santri merupakan julukan bagi orang yang belajar agama Islam di pondok pesantren. Santri dikenal sejak dulu akan kegigihannya. Baik dalam belajar agama Islam ataupun mempertahankan kemerdekaan NKRI seperti perjuangan pada saat revolusi jihad. Jumat, (22/10/2021)

Hal tersebut ditanamkan kepada siswa SMAN 1 Sumber Probolinggo yaitu dengan memperingati Hari Santri Nasional 2021. Mereka belajar hidup ala santri dengan gelar mayoran. Mayoran merupakan istilah yang digunakan oleh para santri yaitu kegiatan makan bersama dengan menggunakan satu wadah.

Wadah yang digunakan oleh siswa SMAN 1 Sumber adalah kertas nasi yang digelar memanjang dan menyambung antara kertas satu dengan yang lainnyaKegiatan dilakukan secara outdoor di lapangan voli SMAN 1 Sumber dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Farid Hermawan selaku pengajar pendidikan agama Islam di sekolah SMAN 1 Sumber dalam sambutannya berkata bahwa “Kegiatan mayoran ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah atas nikmatnya yang tidak pernah putus.” Konsep makan bersama ini merupakan ajaran Rasulullah yang telah disebutkan dalam hadits berikut:

عن وحشي بن حرب رضي الله عنه أن أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم قالوا: يا رسول الله إنا نأكل ولا نشبع ؟ قال: فلعلكم تفترقون قالوا: نعم قال فاجتمعوا على طعامكم واذكروا اسم الله يبارك لكم فيه

Artinya: Bahwasannya para sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW, "(Mengapa) kita makan tetapi tidak kenyang?" Rasulullah balik bertanya, "Apakah kalian makan sendiri-sendiri?" Mereka menjawab, "Ya (kami makan sendiri-sendiri)". Rasulullah pun menjawab, "Makanlah kalian bersama-sama dan bacalah basmalah, maka Allah akan memberikan berkah kepada kalian semua." (HR. Abu Dawud)

Anjuran Rasulullah tersebut memiliki nilai pelajaran tersendiri bagi siswa SMAN 1 Sumber. Salah satu siswa kelas XII, Rizqi Fahtur Ramadhan mengatakan “Saya merasa sangat senang atas peringatan Hari Santri Nasional 2021 yang dilakukan di sekolah ini, selain mendapat kenangan makan bersama dengan teman-teman, saya juga merasa acara ini memiliki suatu makna yaitu satu rasa satu masakan, satu nasib satu sepenanggungan. Semoga acara ini selalu diadakan setiap tahunnya.” harapnya

Kepala Sekolah SMAN 1 Sumber, Daris Wibisono Setiawan mengapresiasi kepada guru dan siswa SMAN 1 Sumber bahwa ia merasa bangga karena atas dedikasi dan kerjasamanya, acara peringatan Hari Santri Nasional di SMAN 1 Sumber berjalan lancar. Selain itu, ia mendapat nilai pelajaran dari acara ini, bahwa kesederhanaan juga memberikan kebahagiaan.

PEWARTA: M. DAIMUL ICHSAN

0 Comments: