Headlines
Loading...
Kemenkes RI Bersama DPR RI Komisi IX, Lakukan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat)

Kemenkes RI Bersama DPR RI Komisi IX, Lakukan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat)

BONDOWOSO - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerjasama dengan Komisi IX DPR RI H. Sy Anas Thahir, MBA, melakukan sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat) di Aula Pondok Pesantren Manbaul Ulum Tangsil Wetan Wonosari Bondowoso. Selasa, (26/10/2021)

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh Rafiandes, ia seorang apoteker dari Kementrian Republik Indonesia dan Rahma dari Kementrian Kesehatan Jawa Timur serta Inayah Rabbaniyah dari Dinas Kesehatan Bondowoso. Juga hadir dalam acara tersebut, anggota komisi IX DPR RI, H. Sy Anas Thahir, MBA. Sedangkan dari Ponpes Manbaul Ulum diwakili oleh Ning Hj. Siti Masyarafatul Manna Wassalwa, selaku wakil Pengasuh Pondok Pesantren Manbaul Ulum.

Sosialisasi GeMa CerMat ini merupakan upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat melalui rangkaian kegiatan dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar.

Rafiandes dalam sambutannya menyampaikan bahwa kesadaran masyarakat dalam menggunakan obat masih banyak bertumpu pada info publik yang tidak rasional, bahkan cenderung menerapkan pengalaman individual. Untuk itu perlu mengetahui penggunaan obat yang aman dan rasional, baik oleh penulis resep, penyerah obat (dispenser) maupun oleh pasien/masyarakat pengguna obat.

“Penggunaan obat yang tidak rasional sering dijumpai dalam praktek sehari-hari. Penggunaan obat tanpa kegunaan yang jelas; cara, dan lama pemberian yang keliru, serta peresepan obat yang mahal merupakan sebagian contoh dari ketidakrasionalan. Penggunaan suatu obat dikatakan tidak rasional jika kemungkinan dampak negatif yang diterima oleh pasien lebih besar dibanding manfaatnya.” ujar Rafiandes.

Hal ini diafirmasi oleh H. Sy Anas Thahir, MBA bahwa upaya membangun kesadaran masyarakat terkait kesehatan itu dilakukan oleh komisi IX DPR-RI dengan menggandeng kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

“Kegiatan sosialisasi GeMa CerMat ini tentunya berorientasi pada pembentukan masyarakat sehat di seluruh Indonesia sebagai amanat dan tanggung jawab negara. Sesuai dengan SK Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.02/MENKES/427/2015 Tentang Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat.” Ungkapnya

Sosialisasi ini kemudian didesain dengan penyampaian materi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat) oleh Ibu Inayah Rabbani dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso. Ia menyampaikan masalah-masalah faktual kesalahan memahami penggunaan obat yang tersebar di tengah masyarakat dan kemudian memberi pemahaman secara praktis tentang penggunaan obat secara rasional dan benar.

“Seringkali kita jumpai berbagai masalah dalam penggunaan obat di tengah-tengah masyarakat, misalnya penggunaan obat bebas secara tidak tepat dan kurangnya pemahaman tentang cara menggunakan, menyimpan dan membuang obat dengan benar. Masalah lainnya adalah penggunaan antibiotik yang tidak tepat di masyarakat. Hal ini disebabkan masih kurangnya pemahaman masyarakat dan perilaku yang salah dalam penggunaan obat.” jelasnya

Penggunaan obat bebas (OTC) tanpa adanya pengetahuan dan informasi yang memadai dapat menyebabkan masalah kesehatan baru, misalnya dosis berlebihan, durasi tidak tepat, kejadian efek samping, interaksi obat atau penyalahgunaan obat, dan sebagainya.

Ibu Inayah Rabbani menambahkan “Dalam penggunaan antibiotika yang tidak tepat dan berlebihan, malah dapat meningkatkan kejadian antimicrobial resistance (AMR) atau resistensi bakteri terhadap antibiotika. Bila hal ini berlanjut terus akan sangat berbahaya, dimana bila terjadi infeksi bakteri namun tidak ada antibiotika yang dapat membunuh bakteri karena sudah resisten.” Jelas Ibu Inayah Rabbani

Sebelum acara tersebut diakhiri semua peserta diajak menyanyi bersama dalam memahami ‘Ayo Tanya 5-O’. 1) Obat ini apa NAMA dan kandungannya ? 2) Obat ini apa KHASIATnya ? 3) Obat ini berapa DOSISnya ? 4) Obat ini bagaimana CARA MENGGUNAKANnya ? 5) Obat ini apa EFEK SAMPINGnya?.

Pantauan awak media zonapostindonesia.com di lapangan, antusias peserta yang mengikuti acara Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat) ini tampak aktif dengan mematuhi protokol kesehatan, menjaga jarak (social distancing), memakai masker, dan mencuci tangan.

PEWARTA: ALI WAFI

0 Comments: