Headlines
Loading...
Cegah Nikah Dini, Kepala SMAN 1 Sumber Luncurkan Gerakan SIB-SAE

Cegah Nikah Dini, Kepala SMAN 1 Sumber Luncurkan Gerakan SIB-SAE

PROBOLINGGO - Menarik sekali melihat gebrakan kepala SMAN 1 Sumber Daris Wibisono Setiawan untuk menangkal gempuran pernikahan dini yang datanya begitu fantastis di lingkungan sekolahnya. Gebrakan tersebut diwujudkan dalam sebuah inovasi yang diberi nama Gerakan SIB-SAE.

Inovasi tersebut secara resmi diluncurkan bersamaan dengan pelaksanaan seminar yang mengambil tema problematika pernikahan dini. Acara yang berlangsung hari ini (13/10/2021) di aula sekolah tersebut dilaksanakan secara daring dan luring.

Hadir secara virtual pemateri pertama yaitu Dr.Agustina Dewi Setyari, S.S, M.Hum, dosen Fakultas Ilmu Budaya Unej yang juga ketua Divisi Advokasi Pusat Studi Gender Unej. Selain itu, hadir pula pemateri kedua adalah Sutilah, S, ST, M.Mkes dari Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo. Sementara itu, pemateri ketiga yang menyampaikan materi secara langsung yaitu Dukiyah, S.Sos., Amd.Keb dari Dinas PP dan KB Kabupaten Probolinggo.

Kepala SMAN 1 Sumber Daris Wibisono menyampaikan bahwa SIB-SAE merupakan akronim dari Selamatkan Ibu dan Bayi-Selamatkan Angka Edukasi.

“Gerakan SIB-SAE ini mempunyai visi besar untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa khususnya peserta didik dari kecamatan Sumber ini agar bisa menjadi generasi emas pembangun peradaban bangsa indonesia” ujar Daris.

Sementar itu wakil kepala SMAN 1 Sumber bidang kurikulum Muhammad Fachrur Rozi, menjelaskan bahwa peluncuran inovasi kepala sekolah dengan Gerakan SIB-SAE ini diikuti langsung secara terbatas 20 peserta didik dan 20 wali murid.

“Akan tetapi peserta didik lainnya mengikuti kegiatan seminar dan peluncuran inovasi bapak kepala sekolah dengan nonton bareng melalui live streaming youtube dari kelas dipandu oleh masing-masing wali kelas”  imbuh Rozi.

Kegiatan seminar problematika pernikahan dini berlangsung dengan sangat interaktif, tanya jawab antara peserta dengan pemateri. Ketiga pemateri terlihat sangat sabar menjawab setiap pertanyaan yang muncul dari peserta, bukan hanya para siswi namun juga wali murid yang menjadi undangan acara terlihat sangat semangat mengikuti kegiatan hingga selesai.

PEWARTA: MOH. DAIMUL ICHSAN

0 Comments: