Headlines
Loading...
Bupati Jember H. Hendy Siswanto didampingi Kapolres dan Dandim 0824 Jember, Pimpin Apel Gelar Pasukan Tanggap Bencana Kabupaten Jember

Bupati Jember H. Hendy Siswanto didampingi Kapolres dan Dandim 0824 Jember, Pimpin Apel Gelar Pasukan Tanggap Bencana Kabupaten Jember

JEMBER - Memasuki musim penghujan, Bupati Jember H. Hendy Siswanto dengan didampingi Kapolres Jember AKBP. Arif Rachman Arifin dan Dandim 0824 Jember Letkol. Inf. La Ode M. Nurdin, memimpin Apel gelar pasukan tanggap bencana. Senin, (25/10/2021).

Apel yang digelar di jalan Sudarman depan Pemkab Jember ini, tidak hanya diikuti oleh jajaran BPBD, Polisi dan TNI, namun juga beberapa komunitas peduli bencana seperti Pramuka, Baret Rescue dan Komunitas Jeep Off Road.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengatakan bahwa Kabupaten Jember merupakan daerah yang memiliki potensi bencana, terutama longsor dan tsunami, mengingat geografis Kabupaten Jember diapit oleh gunung di wilayah utara dan laut di wilayah selatan.

"Saat ini sudah memasuki musim penghujan, oleh karenanya kami harus mempersiapkan personil dalam mengantisipasi adanya bencana di Kabupaten Jember, terlebih dari laporan Basarnas, ada beberapa titik di lereng gunung Argopuro terutama di kecamatan Panti yang berpotensi longsor, selain itu di pesisir laut selatan, BMKG juga memprediksi adanya ancaman tsunami," ujar Bupati Jember usai pimpin apel gelar pasukan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di lereng gunung untuk mempersiapkan diri jika sewaktu waktu bencana longsor terjadi di wilayahnya.

"Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar mewaspadai adanya bencana, terutama bencana longsor, nanti kami akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang ada di lereng gunung, untuk membuat peralatan dari kentongan sebagai sarana peringatan jika sewaktu waktu ada bencana," jelas Bupati.

Bupati juga bersyukur banyak komunitas di Jember yang ikut terlibat dan menjadi relawan dalam tanggap bencana yang 'mengancam' kabupaten Jember, sehingga bisa membantu pemerintah dalam mensosialisasikan adanya bencana yang datang sewaktu waktu.

"Ada ribuan personil dan puluhan komunitas yang terlibat dalam apel ini, dan ini sangat membantu pemerintah dalam melakukan sosialisasi tanggap bencana yang bisa datang sewaktu-waktu, dan kami pemerintah kabupaten Jember sangat berterima kasih atas kepedulian teman teman komunitas ini," pungkas Bupati.

Edo Rangga, (Sumber: Humas Polres Jember)

0 Comments: