Headlines
Loading...
SMK DARUL JANNAH TAPEN SELESAIKAN ANBK TEPAT WAKTU, WALAU SEMPAT ADA KENDALA JARINGAN

SMK DARUL JANNAH TAPEN SELESAIKAN ANBK TEPAT WAKTU, WALAU SEMPAT ADA KENDALA JARINGAN

BONDOWOSO - Pekan ini Seluruh Satuan Pendidikan mengerjakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) secara serentak, begitu pula di SMK Darul Jannah yang terletak di Desa Gunung Anyar Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso.

Asesmen Nasional merupakan Program penilaian terhadap mutu di sekolah, madrasah dan program kesetaraan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Asesmen Nasional ini bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan yakni pengembangan kompetensi dan karakter siswa.

Asesmen Nasional ini dapat diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetisi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Dan di SMK Darul Jannah ini sudah mengerjakan tiga instrumen tersebut selama kurun waktu 2 hari sejak hari senin kemarin hingga saat ini, Selasa (21/09/2021) dengan melibatkan siswa kelas XI (Sebelas), guru dan Kepala Sekolah.

Foto: Siswa Mengerjakan Soal-soal Asesmen Kompetisi Minimum (AKM)

Menurut Hj Ike Nurfadilah, S.Pd.I, selaku Kepala Sekolah, Asesmen Nasional ini merupakan refleksi penilaian dari setiap potret aspek yang ada di lingkungan sekolah baik di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan secara umum yang membutuhkan kejujuran dan kelengkapan jawaban dari para siswa dan guru dalam menjawab setiap pertanyaan yang ada di dalamnya.

"Alhamdulillah pelaksanaan ANBK berjalan dengan lancar dan sukses baik siswa, Kepala Sekolah dan tenaga pendidik. Meskipun pada awalnya ada kendala jaringan secara menyeluruh tapi semua sudah diatasi dengan baik oleh Proktor dan Teknisi ANBK SMK Darul Jannah. Semoga hasil dari semua ini mampu memberikan dampak positif untuk lembaga dan pendidik di SMK Darul Jannah kedepannya," jelasnya. Selasa, (21/09/2021)

Tim Teknis ANBK SMK Darul Jannah, M. Diky Aprili Anwar, S.Pd., juga membenarkan adanya kendala jaringan secara Nasional dalam pelaksanaan Asesmen Nasional ini.

"Pelaksanaan ANBK 2021 berjalan dengan lancar baik untuk siswa, guru, dan Kepala Sekolah. meskipun pada awalnya ada kendala jaringan secara nasional yang mengakibatkan pengerjaan agak terlambat beberapa menit, tapi semua bisa teratasi atas kerjasama Tim Teknis sekolah dengan Tim Teknis Kabupaten Bondowoso, Alhamdulillah.” ungkapnya.

Mengacu pada instrumen penilaiannya, bentuk soal dalam pengerjaan Asesmen Nasional ini terdiri dari beberapa yaitu pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, serta soal uraian.

PEWARTA: MOCH. QUSAYERI

0 Comments: