Headlines
Loading...
Polemik Pemberhentian Perangkat Desa Ngelodae, Saling Klaim Kebenaran

Polemik Pemberhentian Perangkat Desa Ngelodae, Saling Klaim Kebenaran

ROTE NDAO - Kepala Desa Ngelodae, Kecamatana Rote Selatan Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), melantik 7 Perangkat Desa dari 9 perangkat desa yang lowong, namun sayannya 3 perangkat desa ditunda pelantikannya.

Pelantikan itu berlangsung, Selasa (07/09/2021) berlangsung di Kantor Desa Nggelodae di RT 03 RW 02 Dusun Nggelak, Kecamatan Rotsel dan Pelantikan di gereja GMIT Lahaeroi Nggelak.

Menurut Kepala Desa Ngelodae, Urbanus Sinlae, SH, Selasa, 7 September 2021 mengatakan Penjaringan dua belas perangkat Desa, tapi dilantik hari ini hanya 9 perangkat yang di lantik dan dari tiga yang masih menunggu persyaratan.

Fince Ekon, salah satu perangkat Desa Nggelodae yang tidak mengikuti seleksi tapi diundang oleh Kades untuk dilantik. Tapi, Fince Ekon tidak mengikuti undangan.

“Saya diundang oleh perangkat Desa Nggelodae untuk dilantik, tapi saya tidak hadir, karena saya tidak ikut seleksi,” Kata Fince Ekon di kediamannya di Dusun Nggelak Desa Nggelodae, hari Selasa, 7 September 2021.

Delapan (8) Perangkat Desa diberhentikan, dalam pelantikan perangkat desa baru tersebut ada Delapan (8) perangkat desa yang diganti, dan yang menjadi persoalan yakni pengantian perangkat desa tersebut tidak disetujui oleh mantan camat Rote Selatan, dan saat pelaksanaan Camat Rote Selatan juga tidak merekomendasikan agar diganti delapan perangkat desa, namun kades mengantikan yang menurut kades sesuai regulasi.

Hal yang sama, Olis Koanak menjelaskan kepada media terkait dengan pemberhentian dirinya dengan 7 teman dari perangkat Desa Nggelodae. Dalam Pernyataan Olis Koanak, “Saya bersama dengan 7 teman akan membawa permasalahan ini sampai di meja Bupati Rote Ndao,” kata Olis.

Informasi yang dihimpun media, nama-nama perangkat Desa Nggelodae yang diberhentikan oleh Kepala Desa Nggelodae Urbanus Sinla'e tanpa ada kesalahan dan penjaringan.

1) Olis Paulus Koanak (Sekretaris Desa); 2) Alexander Malelak (Kepala Urusan Perencanaan); 3) Alexander Sinlae (Kepala Seksi Pemerintahan); 4) Atri Luttu (Kepala Seksi Kesejahteraan; 5) Selfince Yohana Ekon (Kepala Seksi Pelayanan) 6) Gotlif Tannu (Kepala Dusun Usuofi; 7) Ida R. Josua (Kepala Dusun Lopolain); 8)Fenci Sinlae (Kepala Dusun Sosalain)

Rabu, (08/09/2021) pres release yang diterima media ini dari kepala desa Ngelodae, Urbanus Sinlae menyebutkan, Mencermati Surat Keberatan terhadap Keputusan Kepala Desa Nggelodae Nomor 14/KEP/DND/2021 Tanggal 04September 2021 maka dapat Saya Jelaskan Bahwa:

1. Pemberhentian dan Pengangkatan Perangkat Desa Ngelodae Tahun 2021 sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2015 Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa, Peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 67 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2015 Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa dan Peraturan Daerah Kabupaten Rote Ndao Nomor 10 Tahun 2019 Tentang Perangkat Desa.

2. Dasar-Dasar Pemberhentian Perangkat Desa Ngelodae dibuktikan dengan Evaluasi Kinerja Perangkat Desa, Daftar Hadir, Teguran dan Peringatan Berulang-ulang. Peryataan Tertulis yang bermaterai, Pengangkatan Perangkat Desa Sebelumnya tidak sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Rote Ndao Nomor 10 Tahun 2019 Tentang Perangkat Desa, dengan tidak Melakukan Penjaringan dan Penyaringan dan Pengangkatan Perangkat Desa Sebelum terdapat Suami dan istri yang Menduduki Jabatan Sebagai Sekretaris dan Kepala Urusan Keuangan.

3. Telah dilaksanakan Penjaringan, Penyaringan dan Seleksi oleh Tim yang dibentuk oleh Kepala Desa.

Dengan Demikian maka Saya selaku Kepala Desa Ngelodae menyatakan Bahwa:

Pemberhentian dan Pengangkatan Perangkat Desa Ngelodae sudah sah Menurut Hukum dan Menolak Dengan Tegas Permohonan dari saudara/i sebagai Pemohon dan Tidak Lupa Saya Mengucapkan Terima Kasih atas Pengabdian saudara/i selama Menjabat sebagai Perangkat Desa Ngelodae.

Tembusannya kepada ; 1. Bupati Rote Ndao di Ba.a; 2. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rote Ndao di Ba.a; 3. Plt. Camat Rote Selatan di Daleholu.

PEWARTA: DANCE HENUKH

0 Comments: