Headlines
Loading...
Mahasiswa KKN BTV 3 Unej Naikkan Eksistensi Pertanian Organik Di Kelurahan Wates Kota Mojokerto

Mahasiswa KKN BTV 3 Unej Naikkan Eksistensi Pertanian Organik Di Kelurahan Wates Kota Mojokerto

MOJOKERTO - Mahasiswa Program Studi (Prodi) Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Jember, Dhanti Nur Shafira yang tergabung dalam KKN BTV 3 Kelompok 15 berupaya menaikkan eksistensi Pertanian Organik di Kelurahan Wates Kota Mojokerto dengan Pelatihan Peningkatan Skill Manajemen dan penggunaan media sosial sejak Rabu (11/08/2021) hingga Kamis (09/09/2021) mendatang.

Dhanti dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ir. Sundhari, PGDip. Agr.Sc., M.P mencanangkan program tersebut dengan harapan dapat membantu masyarakat dalam memasarkan produk melalui media sosial.

“Penjualan dengan media sosial dikala Pandemi Covid-19 seperti ini sangat membantu para pelaku usaha dan konsumen untuk dapat melakukan transaksi jual beli. Oleh karena itu, untuk menaikkan eksistensi usaha Pertanian Organik ini tepat sekali jika menggunakan media sosial,” katanya pada tim media zonapostindonesia.com, Rabu (01/09/2021).

Berbekal referensi dan pengalaman, yang menjadi sasaran Dhanti adalah Pelatihan Peningkatan Skill Manajemen agar pengelolaan Pertanian Organik ini tertata rapi dan dikenal oleh banyak orang. Dengan itu, usaha pertanian tidak akan menjadi lesu.

“Peningkatan pengelolaannya dengan pelatihan, sedangkan untuk menarik minat konsumen saya fokuskan pada penanganan packing, seperti diberi logo kemasan dan lainnya,” tambahnya.

Dhanti juga menggunakan media sosial sebagai strategi pemasarannya. Karena menurutnya, dengan strategi tersebut eksistensi Pertanian Organik akan berkembang dan masyarakat sekitar akan turut mempromosikan dengan adanya usaha tersebut.

“Terutama sayur organik yang diusahakan oleh KWT Alamanda yang berada di Kelurahan Wates, Kota Mojokerto. Sayang sekali jika usaha pertanian berbasis organik ini tidak dikenalkan ke masyarakat umum, utamanya masyarakat Kota Mojokerto,” tutur Dhanti.

Selain itu, Dhanti juga mengajak pengelola usaha tersebut dan masyarakat untuk melakukan inovasi kreatif agar usahanya eksis di dunia digital dan berdaya saing di dunia marketing.

“Dengan usaha ini, saya yakin Pertanian Organik KWT Alamanda perkembangannya akan melesat,” tutupnya.

PEWARTA: MUHLAS

0 Comments: