Headlines
Loading...
KKMT Penguatan Nalar Teologis dengan Internalisasi Nilai-nilai Aswaja an-Nahdliyah di SD Darut Thalabah Wonosari

KKMT Penguatan Nalar Teologis dengan Internalisasi Nilai-nilai Aswaja an-Nahdliyah di SD Darut Thalabah Wonosari

BONDOWOSO - Selain melakukan pendampingan al-Qur'an, Kuliah Kerja Mahasiswa Terpadu (KKMT) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Togo Ambarsari Bondowoso Kelompok 4 yang dikoordinatori oleh Ni'matul Maula, melakukan Penguatan Aqidah bertajuk "Penguatan Nalar Teologis dengan Internalisasi Nilai-nilai Ahlus Sunnah wal-Jamaah an-Nahdliyah" di SD Darut Thalabah, Sumber Kalong, Wonosari, Bondowoso.

Menurut Ni'mah, “Penguatan Aqidah adalah hal yang paling utama dan perlu diperhatikan, sebab apa yang disinyalir oleh Syekh Nawawi dalam Kitab Safinah an-Najah adalah awwalu wajibin 'alal insani, ma'rifatullah, hal pertama kewajiban manusia adalah mengetahui Allah SWT,. Alhasil, Aqidah adalah poin dasar yang pertama harus diperhatikan.” Ungkapnya. Jum’at, (03/09/2021)

Di sisi lain, bak gayung bersambut, bapak Ramadhani, sebagai salah satu tenaga pendidik di SD Darut Thalabah Wonosari juga menegaskan hal yang senada bahwa “keimanan yang kuat kepada Allah Swt. berdasar paham Ahlus Sunnah wal-Jamaah an-Nahdliyah adalah internalisasi utama yang tak bisa ditawar, sebelum hal-hal lainnya.” Jelasnya.

Dalam konteks yang sama, Misbahul Munir, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKMT, sangat mengapresiasi dan mendukung penuh optimalisasi pelaksanaan program penguatan nalar teologis ini.

“Penguatan keimanan sebagai penegasan posisi qalbu adalah fase awal dalam perbaikan segala aspek kemanusiaan, sehingga selayaknya aqidah adalah aspek yang pertama harus digarap dalam proses pendidikan sebelum aspek-aspek lainnya.” Ungkapnya.

PEWARTA: AHMAD GHOZI

0 Comments: