Headlines
Loading...
KKMT Pendampingan Manajemen Produksi dalam Pengembangan Usaha Batu Bata di Desa Mangli

KKMT Pendampingan Manajemen Produksi dalam Pengembangan Usaha Batu Bata di Desa Mangli

BONDOWOSO - Tepatnya di Desa Mangli, Kuliah Kerja Mahasiswa Terpadu (KKMT) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Togo Ambarsari Bondowoso melakukan pendampingan praktik produksi batu bata sekaligus memetakan manajemen produksinya pada hari Kamis, (02/09/2021).

Perihal ini adalah program pengabdian kepada masyarakat yang memang menjadi keharusan dalam rangka penyelesaian kredit akademik mahasiswa program Manajemen Pendidikan Islam di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Togo Ambarsari Bondowoso.

Bagi Holifatul Hasanah, Ketua Kelompok 2 KKMT Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Togo Ambarsari Bondowoso bahwa program pendampingan manajemen produksi batu bata ini adalah sebentuk follow-up dari teori Manajemen Kewirausahaan yang ditempa secara akademis di ruang kuliah.

“Apakah yang kita pahami di ruang kuliah memiliki relevansi logis dengan praktek di lapangan ? di sini kita mencari jawaban dan kebenaran” tegas Holifah sambil tersenyum.

Di Desa Mangli, beliau bermitra dengan bapak Por yang menjadi pemilik dari usaha batu bata itu. Pak Por memiliki 4 lokasi produksi batu bata yang berbeda-beda, namun letaknya tidak terlalu jauh antara satu dengan yang lainnya. Bahkan, ia telah mempekerjakan 22 orang untuk produksi batu batanya itu.

"Adapun manajemen produksi batu bata di sini masih terbilang tradisional, namun sebagai industri di masyarakat, hasil produksinya masih dicari dan banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Bahkan, seringkali kita sudah mengirim ke luar kota, seperti Probolinggo, Sidoarjo dan Besuki" jelasnya.

Yang terpenting dalam hal ini, bagi pak Por, bisa memberi kerja kepada orang lain adalah sebuah kebahagiaan. Pasalnya, meski tak bisa langsung memberi uang, kerja adalah sebuah wasilah yang utama dalam pemenuhan kebutuhan manusia dalam aspek material terutama, dan aspek kemandirian ekonomi di sisi lainnya.

PEWARTA: AHMAD GHAZY

0 Comments: