Headlines
Loading...
DINAS PERIKANAN KABUPATEN SITUBONDO, ADAKAN PELATIHAN TEKNOLOGI PENANGKAPAN IKAN

DINAS PERIKANAN KABUPATEN SITUBONDO, ADAKAN PELATIHAN TEKNOLOGI PENANGKAPAN IKAN

SITUBONDO - Dalam upaya pemberdayaan dan pengembangan kapasitas nelayan kecil di daerah, Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo mengadakan pelatihan teknologi penangkapan ikan yang bertempat di Rumah Makan Kaliurang, Desa Kesambirampak, Kecamatan Kapongan. Senin, (20/09/2021).

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo, Bapak Roi Hidayat, S.Pi., M.Si., Kasi Pendampingan Dinas Perikanan Zaini, SP., MM., Anggota DPRD Situbondo dari Fraksi PKB Fiqi Kristia Vialosa, dan Narasumber UPT PTKP3 Probolinggo serta diikuti oleh 20 orang Nelayan Desa Landangan.

Bapak Roi Hidayat menyampaikan Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo melalui sumber APBD 2021, yakni jasmas anggota DPRD mengadakan pelatihan teknologi penangkapan ikan kepada nelayan di Kabupaten Situbondo selama dua sampai empat hari yang tersebar merata di sembilan tempat, yaitu mulai dari Kecamatan Jangkar hingga Kecamatan Besuki, dengan masing-masing wilayah diikuti 20 nelayan. Pelatihan pada saat ini kepada nelayan khusus spesialisasi penggunaan mesin diesel perikanan merk jiang dong 24 PK dan pembuatan coll box dari fiber.

“Diharapkan adanya pelatihan teknologi penangkapan ikan, warga nelayan bisa terampil mengoperasikan dan menghemat anggaran modal alat tangkap dengan mengoptimalkan fungsi kerja mesin. Tentunya nelayan semakin sejahtera, tangkapan ikan bertambah dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar. jelasnya

Sementara itu, Fiqi Kristia Vialosa mengucapkan rasa terima kasih kepada Dinas Perikanan atas kerjasamanya dalam penyelenggaraan pelatihan teknologi penangkapan ikan yang diajarkan kepada nelayan Desa Landangan. Tujuannya para nelayan bisa semakin berkembang pengetahuannya, mendapatkan ilmu-ilmu baru, dan pada saat menangkap ikan tidak sampai merusak  ekosistem laut.

“Semoga setelah mengikuti pelatihan, para nelayan bisa menerapkan teknologi penangkapan ikan dengan baik, sehingga hasil tangkapan ikan bertambah dan mampu meningkatkan perekonomian.”harapnya.

PEWARTA: SIGIT PRAMONO 

0 Comments: