Headlines
Loading...
Terakreditasinya Prodi MPI, STIT Togo Ambarsari Siap Menjadi Kampus Terdepan

Terakreditasinya Prodi MPI, STIT Togo Ambarsari Siap Menjadi Kampus Terdepan

BONDOWOSO - Setelah penantian panjang yang menuntut konsistensi kerja dalam pengelolaan perguruan tinggi, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Togo Ambarsari Bondowoso dalam Assesmen Lapangan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam pada tanggal 28 sampai 29 Juli 2021, akhirnya mampu meraih hasil yang cukup memuaskan. Hal itu dibuktikan dengan sertifikat akreditasi Baik yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tertanggal 18 Agustus 2021.

Drs. KH. Salwa Arifin, Pengasuh Pondok Pesantren Manbaul Ulum dalam sambutannya saat Assesmen Lapangan, menyampaikan bahwa adanya akreditasi ini adalah proses yang ditunggu sekian lama. Pasalnya, hal ini menjadi prasyarat mutlak sebuah institusi pendidikan tinggi diakui kualitasnya dan bisa menghasilkan lulusan yang legal-formal. Maka, usaha terbaik yang bisa diupayakan, harus diupayakan semaksimal mungkin.

Dr. Hasan Sayfullah, senat dan penggagas pertama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Togo Ambarsari Bondowoso menyampaikan ungkapan rasa syukur Alhamdulillah. Sabtu, (21/08/2021)

“Kado istimewa kali ini kepada Program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Togo Ambarsari Bondowoso. Sekaligus ucapan selamat dan sukses, setelah dilaksanakannya Visitasi Akreditasi secara daring oleh Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, alhamdulillah berhasil meraih Akreditasi ‘Baik’ yang didaftarkan di Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online. Ditetapkannya Status Akreditasi melalui Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 10195/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2021. Akreditasi ini ditetapkan pada tanggal 18 agustus 2021.” Jelasnya

Dengan capaian tersebut Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dapat terus melakukan perbaikan dan Continution Improvemen  mutu yang tinggi, karena mutu Program Studi merupakan cerminan dari totalitas keadaan dan karakteristik masukan, proses, keluaran, hasil, dan dampak, atau layanan/kinerja Program Studi yang diukur berdasarkan jumlah kriteria yang ditetapkan.

Ali Wafi, M.Pd.I selaku Ketua LPM, menyampaikan bahwa raihan prestasi yang membanggakan tersebut, turut membawa kebanggaan tersendiri bagi civitas akademik Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Togo Ambarsari Bondowoso. Sebab kerja team yang selama ini telah diupayakan seoptimal mungkin, berbuah hasil. 

Tentunya, hasil ini adalah bukti kinerja seluruh civitas akademik yang menjadi jawaban terhadap sebagian harapan masyarakat sekaligus menjawab tanggung jawab yang telah diserahkan oleh Yayasan Pondok Pesantren Manbaul Ulum terhadap semua stakeholder kampus.

“Kami sangat apresiasi yang tinggi atas pencapaian ini dan mendorong pengelola Program Studi agar semakin terpacu untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan bahkan tri dharma pendidikan tinggi agar terwujud visi Bondowoso yang unggul, berdaya saing nasional dan berkarakter pesantren pada tahun yang akan datang.” Ungkapnya

Menurut La Mahiddin, M.Pd, Ketua Tim Kerja Persiapan Akreditasi bahwa hasil baik yang tertera di sertifikat akreditasi adalah keringat yang terbayar secara impas.

“Selama hampir 6 bulan sebelum ini, kita kerja secara maraton dalam memperbaiki kualitas dan kuantitas di semua lini organisasional kampus, sekaligus menyisir penyelesaian dokumen pengelolaan kampus. Hal ini dilakukan dalam rangka peningkatan kapasitas institusi dalam semua aspeknya. Ini memang bukan perkara ringan, namun karena semua elemen bahu-membahu dalam bekerja, maka ini tidak terasa berat. Akhirnya, hasil ini harus sepenuhnya disyukuri serta dengan ini, prodi MPI sudah diakui dan sudah bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan studi.” tandasnya.

Hj. Masyarafatul Manna Wassalwa, M.Pd sebagai ketua Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Togo Ambarsari Bondowoswo, sangat mengapresiasi hasil akreditasi tersebut.

“Terakreditasinya Program Studi Manajemen Pendidikan Islam ini adalah sebuah hasil yang membanggakan dan harus disyukuri. Proses akreditasi yang dilewati dengan kebersamaan adalah sebuah bekal awal dalam perbaikan kampus secara konsisten ke depannya. Insya Allah, proses akreditasi yang selanjutnya akan bisa lebih baik.” tegasnya.

Beliau menambahkan hasil akreditasi tersebut menjadi awal yang baik bagi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Togo Ambarsari Bondowoso dalam memberikan layanan yang terbaik bagi mahasiswa sekaligus bagi masyarakat.

“Pencapaian ini, tentu ini tidak terlepas dari kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas dari seluruh tim akreditas prodi MPI maupun institusi, dukungan pimpinan Sekolah Tinggi, dukungan para stakeholder, dan mahasiswa. Selamat semoga membawa manfaat dan barokah.” Pungkasnya

PEWARTA: ACHMAD GHAZY FATHULLAH

0 Comments: