Headlines
Loading...
PULANG KAMPUNG, MAHASISWI KKN UNEJ PERKUAT KARAKTER REMAJA BERLITERASI LINGKUNGAN

PULANG KAMPUNG, MAHASISWI KKN UNEJ PERKUAT KARAKTER REMAJA BERLITERASI LINGKUNGAN

BONDOWOSO - Mahasiswa Universitas Jember mengadakan KKN Back To Village 3 (BTV 3) sebagai kegiatan pengabdian pada masyarakat desa di kampung halamannya sendiri. KKN BTV 3 tersebut dilaksanakan secara daring (dalam jaringan). Senin, (30/08/2021) 

Adanya pandemi Covid-19 yang belum berakhir dan ditambah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), membuat kegiatan KKN BTV 3 untuk tidak dilakukan secara berkelompok melainkan secara mandiri. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini diharapkan mahasiswa dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat desa.

Penerjunan KKN Back To Village 3 secara resmi dilakukan secara daring oleh Rektor Universitas Jember pada Kamis, (12/08/2021) yang dilaksanakan dengan aplikasi zoom dan siaran langsung melalui youtube (http://unej.ac.id/). KKN BTV 3 dilakukan selama 1 bulan (30 hari) dimulai sejak Rabu, (11/08/2021) dan diprogramkan selesai pada Jum’at, (10/09/2021).

Vina Vitrian, salah satu mahasiswi Fakultas Keperawatan Universitas Jember yang melaksanakan KKN BTV 3 pada kelompok 14 dengan didampingi oleh dr. Yudha Nurdian, M. Kes. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Tematik yang diambil yaitu Program Literasi Desa Pada Masa Pandemi Covid-19. Kegiatan KKN dilakukan di Desa Randu Cangkring, Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso.

Di sekitar wilayah Desa Randu Cangkring masih didapatkan banyaknya sampah yang berserakan utamanya sampah anorganik seperti kantong plastik dan botol plastik. 

Pembuangan dan pengolahan sampah plastik tidak dilakukan dengan benar, seperti masih adanya masyarakat yang masih banyak membuang sampah ke sungai dan dibakar secara sembarangan. Saat musim hujan datang, kerap kali desa mengalami banjir dikarenakan sungai-sungai meluap akibat menumpuknya sampah yang dibuang di sana.

Selain itu, belum ada pemanfaatan sampah oleh masyarakat  desa sehingga sampah yang memiliki potensi untuk diolah kembali hanya dibuang saja. Dari masalah tersebut didapatkan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan utamanya tentang sampah.

Melalui kegiatan KKN ini, Vina Vitrian ingin meningkatkan pemahaman dan perilaku tentang peduli lingkungan dan manajemen pengolahan limbah plastik.

"Kegiatan ini terdiri dari beberapa tahap. Untuk tahap pertama dilakukan observasi desa terkait masalah dan potensi desa, penyusunan program kerja, serta menentukan sasaran mana yang paling tepat. Tahap ke-2 penyampaian materi pada sasaran. Tahap ke-3 melakukan pelatihan dan pendampingan dalam melakukan pengolahan limbah. Dan tahap ke-4 atau tahap terakhir dilakukan evaluasi dan menyelesaikan artikel/laporan akhir KKN." Ucap Vina sambil menjelaskan.

Program kerja yang telah disusun yaitu edukasi tentang konsep limbah plastik serta pengolahan dan pemanfaatannya. Pengolahan yang dimaksud yaitu bagaimana membuang limbah plastik secara benar dan tips untuk mengurangi limbah plastik dalam kehidupan sehari-hari, misalnya mengganti kantong plastik dengan tas sekali pakai.

"Lalu pemanfaatan limbah plastik meliputi pembuatan Ecobrick dan daur ulang limbah plastik menjadi barang yang bernilai ekonomis. Dengan adanya program kerja ini, masyarakat diharapkan dapat lebih baik dalam memanajemen limbah plastik." Imbuhnya.

PEWARTA: IMRON RASYIDI 

0 Comments: