Headlines
Loading...
PROGRAM "WENAK" PEMKAB BANYUWANGI, BERGULIR LAGI

PROGRAM "WENAK" PEMKAB BANYUWANGI, BERGULIR LAGI

BANYUWANGI - Program warung naik kelas (wenak) kembali digulirkan Pemkab Banyuwangi. Program yang dicanangkan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani sejak dilantik 26 Februari 2021, bertujuan membantu dan memfasilitasi warung-warung rakyat untuk naik kelas dengan perabotan warung yang memadai dan bersih. Selasa, (24/08/2021)

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyerahkan bantuan "wenak" pada 300 pelaku usaha warung rakyat secara simbolis, diterima perwakilan warung rakyat dari kecamatan Kalibaru, Kecamatan Glenmore dan Kecamatan Genteng Senin (23/8/2021) pada tahap sebelumnya ada 100 warung rakyat telah menerima bantuan tersebut.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan warung-warung rakyat itu adalah tumpuan banyak orang, pemilik warung dapat rejeki dan pembeli dapat menikmati makanan minuman dengan harga terjangkau. Kami bantu warung-warung rakyat tersebut agar tetap bergeliat dalam masa sulit ini dan sekaligus sebagai bagian dari program pemulihan ekonomi.

Program "wenak" merupakan bagian program UMKM, menyasar pada warung-warung rakyat dengan pendekatan bantuan dana warung, memfasilitasi perizinan, PIRT, bantuan alat produksi, kemasan, pemasaran dan sebagainya.

Para penerima adalah usulan dari masyarakat kemudian diverifikasi oleh dinas terkait. Dana bantuan kita transfer ke masing-masing pemilik warung-warung rakyat Rp.1 juta dan uang itu bisa digunakan untuk membeli perabotan warung seperti etalase dan alat makan.

“Para penerima merupakan pengusaha ultra mikro, diharapkan dengan bantuan ini bisa memberi dampak untuk pengembangannya.” jelas Ipuk.

Dalam kesempatan itu juga Bupati Banyuwangi mengingatkan pada para pemilik warung-warung rakyat untuk selalu taat protokol kesehatan (prokes) dengan cara saat berjualan selalu menggunakan masker dan juga dihimbau pada pemilik warung-warung rakyat agar juga mengingatkan pembeli untuk selalu memakai masker saat berkunjung ke warungnya.

Rofi'i, (Sumber: Humas Pemkab Banyuwangi).

0 Comments: