Headlines
Loading...
PARA PELAKU UMKM DI BANYUWANGI, KEMBALI DAPAT BPUM 2021

PARA PELAKU UMKM DI BANYUWANGI, KEMBALI DAPAT BPUM 2021

BANYUWANGI - Sebanyak 54.213 orang pelaku UMKM di Banyuwangi kembali menerima bantuan produktif usaha mikro (BPUM) tahun 2021. Program BPUM yang digagas Presiden Joko Widodo ini merupakan program bantuan untuk menguatkan modal usaha pelaku UMKM di tengah pandemi virus covid 19. Tahun ini pelaku UMKM di Banyuwangi akan mendapatkan bantuan sebesar 1,2 juta per orang pelaku UMKM. Sabtu, 07 Agustus 2021.

Pada tahun 2020 pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) Banyuwangi yang mendapat BPUM sebanyak 70.177 orang pelaku UMKM. Masing-masing mendapat bantuan Rp. 2,4 juta. Jadi dari tahun 2020-2021, ada total 125.390 orang pelaku UMKM di Banyuwangi yang sudah mendapatkan bantuan BPUM.

“Pencairan akan dilakukan di bank yang ditunjuk di BNI 45 sudah hampir 90 persen sedang di BRI sudah hampir 50 persen data yang siap dicairkan.” ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat sidak di BRI Tawangalun Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani berharap dengan BPUM dapat menguatkan modal usaha para pelaku UMKM di tengah pandemi covid 19. Misalnya untuk penjual makanan, bantuan itu bisa digunakan untuk beli etalase agar warungnya lebih rapi, higienis dan sehat.

Ipuk Fiestiandani juga berterima kasih kepada pemerintah pusat, dengan BPUM ini terasa dampaknya bagi para pelaku UMKM di Banyuwangi karena dengan bantuan ini bisa membantu dan menguatkan modal mereka di saat sulit menghadapi pandemi covid 19.

Pelaksana tugas (plt) koperasi, usaha mikro dan perdagangan Nanin Oktaviante mengatakan bahwa pendaftaran untuk pelaku UMKM yang akan mendapat bantuan BPUM, diperpanjang sampai dengan tanggal 12 agustus.

Berdasar data tahun ini, ada 54.213 pelaku UMKM mendapat bantuan BPUM dan dicairkan secara bertahap. Pendaftaran BPUM dapat dilakukan secara online melalui link bit.ly/daftarbpum2021.

Selanjutnya berkas fisik yang disyaratkan dikirim ke rumah kreatif di samping kantor kecamatan Banyuwangi tiap jam kerja.

“syarat yang harus dilengkapi adalah foto kopi e-KTP, foto kopi nomor induk berusaha (NIB) dan foto tempat usaha atau tempat produksi.” jelasnya.

Rofi'I, (Sumber: Humas Pemkab Banyuwangi)

0 Comments: