Headlines
Loading...
MANFAATKAN MEDIA DIGITAL: MAHASISWA KKN BTV UNEJ OPTIMALKAN PENGEMBANGAN UMKM DI DESA KAJAR

MANFAATKAN MEDIA DIGITAL: MAHASISWA KKN BTV UNEJ OPTIMALKAN PENGEMBANGAN UMKM DI DESA KAJAR

BONDOWOSO - Pandemi Covid-19 yang tak kunjung selesai, berdampak besar bagi masyarakat dan negara. Salah satu dampaknya adalah pada sektor ekonomi.

Hal itu menjadi salah satu alasan peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jember (Unej) untuk memberi pendampingan pada masyarakat pelaku UMKM yang terdampak Covid-19 di Desa Kajar, Tenggarang, Bondowoso. Minggu (29/08/2021).

KKN BTV 3 Kelompok 13 Unej Tahun 2021 kali ini mengangkat tema "Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19" untuk membantu dan bergerak di sektor ekonomi masyarakat.

Erlinda, Mahasiswa KKN Unej BTV 3 Kelompok 13 Fakultas Ekonomi Bisnis mengatakan, sektor ekonomi adalah yang menjadi fokus kita bersama, karena tidak sedikit masyarakat pelaku UMKM yang terpukul karena omset pendapatan menurun akibat  pandemi Covid-19.

"Giat KKN kita kali ini adalah untuk bagaimana hadir di tengah masyarakat dalam upaya membantu dan memberdayakan pelaku UMKM agar dapat memulihkan ekonomi mereka, khususnya di Desa Kajar. Menurutnya.

"Oleh karena itu, sambung Linda, yang kita bantu kali ini adalah mbak khoiriyati, penjual kue di Desa Kajar yang menggunakan cara  konvensional dalam pemasarannya.

Adapun kegiatan yang dilakukan dalam giat KKN ini antara lain adalah Pelatihan Digital Marketing, Pelatihan Pembuatan Konten dan Teknik Branding Produk.

Hal itu diharapkan dapat bermanfaat dan menjadi bekal dalam memudahkan pemasaran produk.

"Hampir di segala dimensi kini berubah dan mengarah pada digitalisasi, khususnya dalam sektor ekonomi, penjualan produk misalnya, kini sudah banyak yang memanfaatkan media digital/online." Ucap linda

"Sehingga, lanjut linda, membekali kecakapan digital bagi pelaku UMKM seperti Pelatihan Digital Marketing, Design Konten dan branding produk menjadi keharusan bagi kami. Lanjutnya.

Sementara Khoiriyati Berpendapat, KKN ini sangat membantu dan memberi dampak positif pada usahanya.

”KKN Ini sangat membantu saya dalam pemasaran yang akan saya lakukan ke depan tentunya dengan media sosial yang telah saya miliki dan harapan besar semoga dari Hasil KKN unej ini bisa memberikan dampak yang baik seperti Konsumen yang semakin banyak dan usaha saya menjadi berkembang dengan menggunakan digital marketing ini". Pungkasnya.

PEWARTA: M. DAINUL ICHSAN 

0 Comments: