Headlines
Loading...
KKN BTV 3 Kelompok 13, Perluas Pemasaran BUMDES Lombok Kulon Dengan Ecommerce dan Inovasi Packaging

KKN BTV 3 Kelompok 13, Perluas Pemasaran BUMDES Lombok Kulon Dengan Ecommerce dan Inovasi Packaging

BONDOWOSO - Melihat peluang besar memperluas pemasaran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Desa Lombok Kulon Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso, Andrey Maulana, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) BTV 3 Universitas Jember Kelompok 13 berupaya memperluas pemasaran BUMDES Lombok Kulon dengan Ecommerce dan Inovasi Packaging.

Selama ini BUMDES Lombok Kulon sudah memiliki unit usaha berupa Pertashop, Layanan Jasa Keuangan dan Penyewaan Peralatan Pesta. Adapun produk baru yang akan dijalankan berupa Wafer Pakan Ternak.

Dengan produk yang ada itu, menurut Andrey Maulana, perluasan pemasaran BUMDES dengan Ecommerce dan Inovasi Packaging sangat cocok diterapkan di Desa Lombok Kulon.

“Produk baru itu sudah saya beri label sebagai penarik konsumen dan juga sudah saya buatkan akun media sosial sebagai wadah promosinya,” kata Andrey pada tim media zonapostindonesia.com, Selasa (31/08/2021).

Dengan media sosial, lanjut Andrey, BUMDES Lombok Kulon menjadi mudah berinteraksi dengan masyarakat dalam mempromosikan segala produknya. Produknya akan cepat dikenal oleh masyarakat dan labelnya akan menarik konsumen baru.

“Selain itu, biayanya juga lebih murah jika menggunakan media sosial atau online. Kalau menggunakan media offline yaitu media cetak, biayanya mahal,” tambahnya.

Andrey menyatakan bahwa akun media sosial yang sudah ia buat untuk BUMDES Lombok Kulon adalah akun facebook. Menurutnya, pengguna facebook sangat banyak, apalagi masyarakat Bondowoso yang mayoritas warganya mempunyai akun facebook.

Facebook inilah yang banyak mendatangkan pesanan, apalagi promosinya diberbagai group facebook. Oleh karena itu, media sosial pertama yang saya buat untuk BUMDES Lombok Kulon ini adalah facebook,” ungkap Andrey.

Setelah membuatkan label dan akun media sosial, Andrey akan mengawal programnya yang sudah diberikan pada BUMDES Lombok Kulon untuk pengembangan dengan cara memonitor kinerja BUMDES Lombok Kulon tiap hari.

“Saya benar-benar ingin memperluas pemasaran BUMDES Lombok Kulon melalui program Ecommerce dan Inovasi Packaging. Oleh karena itu, saya tidak akan tinggal diam. Saya akan melakukan pengawasan setiap hari agar bisa mengetahui secara langsung kekurangan dan kelebihan program yang saya berikan, kemudian mengevaluasinya,” ujarnya, mengakhiri.

Sementara itu, Ketua BUMDES Lombok Kulon, Bapak Mulyono mendukung penuh atas program yang Andrey berikan karena memang dibutuhkan untuk pengembangan BUMDES Lombok Kulon.

“Kami memang butuh program seperti ini, seperti pembuatan logo BUMDES, akun media sosial, dan label beserta packing pada program baru BUMDES Lombok Kulon. Dengan program ini, tentu BUMDES Lombok Kulon akan semakin terkenal dan banyak pesanan,” kata Bapak Mulyono.

PEWARTA: MUHLAS

0 Comments: