Headlines
Loading...
INDAH SEORANG MAHASISWA KKN UNEJ: REAKTIVASIKAN BUMDES BATAAN BONDOWOSO

INDAH SEORANG MAHASISWA KKN UNEJ: REAKTIVASIKAN BUMDES BATAAN BONDOWOSO

BONDOWOSO - Indah Ummi Bahtiar, mahasiswa Universitas Jember yang melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Bataan Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso sejak Rabu (11/08/2021) menjalankan program untuk mengembangkan BUMDES Bataan agar kembali terkelola dengan baik walaupun di tengah  Pandemi Covid-19.

Indah menuturkan berdasarkan hasil wawancara bersama Sekretaris Desa Bataan, Bapak Usnan, bahwa BUMDES Bataan sudah lebih dari 2 tahun tidak berjalan.

“BUMDES Bataan ini ada pengaliran air bersih yang sistem pembayarannya disamaratakan. Namun sistem seperti ini dianggap tidak adil oleh masyarakat karena masih belum ada meteran air sehingga penggunaan air setiap rumah ada yg boros dan tidak,” katanya pada tim media zonapostindonesia.com, Selasa, (31/08/2021).

Problematika tersebut akhirnya membuat BUMDES Bataan mengalami kemacetan.

Menurut Indah, pengaliran air bersih di Desa Bataan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat, khususnya di sekitar lokasi pengeboran. Apalagi ketika musim kemarau tiba, masyarakat pasti membutuhkan ketersediaan air yang cukup.

“Sangat disayangkan jika pengaliran air bersih tersebut tidak dimanfaatkan dengan maksimal oleh BUMDES Bataan,” ungkapnya.

Melihat peluang tersebut, Indah dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ir. Sundahri, PGDip. Agr. Sc., M.P, berupaya untuk mereaktivasikan BUMDES Bataan dengan cara melakukan pendampingan secara terus menerus, kemudian mengaktifkan kembali pengurus BUMDES Bataan yang sebelumnya vakum.

Indah juga mengadakan pelatihan pengelolaan keuangan dengan harapan pengelolaan pendapatan BUMDES bisa lebih baik lagi.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Desa Bataan, Bapak Hariyanto sangat mengapresiasi dan mendukung penuh berjalannya program kerja Indah selama melaksanakan KKN BTV 3 Universitas Jember di Desa Bataan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Mbak Indah yang membantu memberi peluang mengaktifkan kembali pengaliran air bersih BUMDES Bataan kepada warga,” ungkap Bapak Hariyanto, Kepala Desa Bataan.

PEWARTA: MUHLAS

0 Comments: