Headlines
Loading...
Dinas Sosial Kabupaten Situbondo Bekerja Sama Dengan Yayasan LKS Genesa Banyuwangi, Dalam Penanganan Masyarakat Pecandu Napza atau Zat Adiktif

Dinas Sosial Kabupaten Situbondo Bekerja Sama Dengan Yayasan LKS Genesa Banyuwangi, Dalam Penanganan Masyarakat Pecandu Napza atau Zat Adiktif

SITUBONDO - Dalam upaya menangani masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) jenis pecandu Napza, Dinas Sosial Kabupaten Situbondo bekerja sama dengan pihak yayasan LKS Genesa Banyuwangi.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Plt Kepala Dinas Sosial Situbondo, Samsuri, S.Sos., MM., saat ditemui awak media di kantornya, Selasa (24/8/2021).

Menurutnya sejak tahun 2017 Dinas Provinsi Jawa Timur mengambil alih dalam penanganan masyarakat pecandu Napza atau zat adiktif, sehingga Dinas Sosial Situbondo yang berada di daerah hanya sebagai penempatan sementara.

Adanya hal tersebut, pihak Dinas Sosial Situbondo ketika menerima klien PMKS pecandu Napza akhirnya mencari alternatif yaitu menjalin kemitraan terdekat dengan yayasan LKS Genesa Banyuwangi.

Alasan tidak dievakuasi ke Dinsos Provinsi Jatim karena kendala jarak yang terlalu jauh dan harus memberikan pengawalan secara ekstra terhadap si pecandu Napza atau zat adiktif dengan melibatkan security, Satpol PP dan sebagainya.

“Dalam kemitraan ini tidak menutup kemungkinan ada yang melakukan pola mandiri, artinya bagi masyarakat atau klien PMKS pecandu Napza yang berasal dari golongan ekonomi kelas menengah dan ke atas dikenakan biaya untuk mengganti biaya hidup sehari-hari dalam masa rehabilitasi selama dua bulan. Sedangkan kalau berasal dari orang tidak mampu bisa di gratiskan dengan cara menunjukkan data dari DTKS,” terangnya

PEWARTA: SIGIT PRAMONO

0 Comments: