Headlines
Loading...
DI BUAT DI BANYUWANGI JAWA TIMUR, KRI GOLOK 688 RESMI DI LAUNCHING

DI BUAT DI BANYUWANGI JAWA TIMUR, KRI GOLOK 688 RESMI DI LAUNCHING

BANYUWANGI - Bertempat di Galangan Kapal PT. Lundin Industry Invest Kabupaten Banyuwangi, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono meresmikan  Launching Kri Golok 688, KRI jenis kapal cepat Rudal Trimaran. Sabtu, (21/08//2021)

Peresmian  Launching Kri Golok 688 diawali dengan prosesi shipnaming (penamaan) ditandai dengan pemotongan pita pengikat kendi sebagai tanda lahir KRI GOLOK 688.kemudian dilanjutkan dengan launching KRI GOLOK 688 tersebut.

KSAL Laksamana Yudo Margono menjelaskan bahwa ini baru tahapan penamaan dan peluncuran dari galangan kapal nantiya KRI Golok dengan nomor lambung 688 itu akan masuk jajaran Alutsista TNI AL.

KRI Golok 688 merupakan buatan asli dalam negeri, diproduksi oleh PT. Lundin Industry Invest Kabupaten Banyuwangi Jawa timur, berbahan serat karbon yang membuat KRI Golok 688 sulit dideteksi musuh atau kapal siluman dan didesain khusus berbentuk lancip sehingga mampu melaju dengan kecepatan tinggi dan dilengkapi persenjataan dan rudal.

Sebagai kapal cepat rudal, gerakannya harus berkecepatan tinggi, tugasnya hit and run, nama KRI Golok 688 diambil dari nama senjata tradisional serba guna indonesia. Nantinya diharapkan KRI Golok 688 bisa melakukan tugas operasi militer dengan kecepatan tinggi, baik dalam situasi perang maupun non perang serta mampu melakukan taktik hit and run.

“Setelah diluncurkan, KRI Golok 688 akan diuji coba hard and shut untuk tahap penyempurnaan sebelum diserahkan ke jajaran TNI AL.” Jelas KSAL Laksmana Yudo Margono.

Sementara Bupati Banyuwangi Ipuk Festiandani atas nama masyarakat dan Pemda Banyuwangi mengaku bangga dengan diluncurkannya KRI Golok 688 sebagai hasil karya anak bangsa Indonesia yang diproduksi di Kabupaten Banyuwangi, apalagi nantinya KRI Golok 688 akan melengkapi alat utama sistem pertahanan (alutsista) angkatan laut (AL).

“Atas nama Pemkab Banyuwangi kami mengucapkan selamat kepada PT. Lundin Industry Invest yang mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi KRI Golok 688 yang bakal menjadi salah satu alutsista canggih TNI angkatan laut.” ucap Bupati Banyuwangi Ipuk Festiandani saat ikut menghadiri launching KRI Golok 688.

Rofi'I, (Sumber: Humas Pemkab Banyuwangi)

0 Comments: