Headlines
Loading...
ASAP PG ASEMBAGUS SEBABKAN POLUSI UDARA, WARGA TERDAMPAK MENGELUH

ASAP PG ASEMBAGUS SEBABKAN POLUSI UDARA, WARGA TERDAMPAK MENGELUH

SITUBONDO - Sejumlah warga mengeluhkan polusi udara yang diakibatkan oleh aktifitas PTPN XI PG Asembagus. Bahkan polusi udara ini telah mengganggu penglihatan, mata perih dan gangguan pernafasan.

Menurut Agus Sodu, salah satu warga Desa Perante Kecamatan Asembagus yang sehari-hari melintasi jalur pantura menyampaikan polusi asap berdebu yang berasal dari cerobong asap PG sangat mengganggu jarak pandang, sebab mata terasa perih dan menyebabkan sesak nafas.

“Akibat dari polusi ini, pernah terjadi kecelakaan akibat pengendara motor merasakan perih di mata sehingga tidak melihat kendaraan di depannya," ujar Agus. Jum'at (13/08/2021)

Sementara itu, Budi Santoso, SH salah seorang Advokat yang kantornya berada tepat di depan PG Asembagus menyampaikan bahwa permasalahan ini kerap terjadi saat memasuki musim giling.

“Banyak masyarakat datang ke kantor kami mengeluhkan polusi udara ini yang menyebabkan gangguan penglihatan, pernafasan dan bahkan mengotori rumah di sekitar PG yang mereka sebut  tolato. Keluhan ini bukan kali ini saja, bahkan dari tahun-tahun sebelumnya, namun tidak ada tanggapan dan solusi dari pihak PG Asembagus. Seperti ada unsur pembiaran," ungkapnya

“Saya berharap Pemerintah Daerah dan Anggota Dewan bisa segera turun langsung dan melihat kondisi di lapangan saat musim giling, agar mereka bisa mencarikan solusi atas keluhan masyarakat. Saya juga akan segera mengirimkan surat somasi terhadap pihak PTPN XI  PG Asembagus dengan tembusan kepada BUMN," pungkasnya

Sementara pihak dari PTPN XI PG Asembagus belum bisa ditemui karena ada acara rapat.

PEWARTA: SIGIT PRAMONO

0 Comments: