Headlines
Loading...
Tanggapan Sekda Terkait APBD Tahun 2021 di Kabupaten Situbondo

Tanggapan Sekda Terkait APBD Tahun 2021 di Kabupaten Situbondo

SITUBONDO - Terkait serapan anggaran masih rendah dan belum terealisasinya pembangunan fisik infrastruktur yang berasal dari APBD tahun 2021 di Kabupaten Situbondo, akhirnya mendapatkan tanggapan dari Sekretaris Daerah Situbondo Drs. H. Syaifullah, MM.

Sekda H. Syaifullah mengatakan kepada awak media, Kamis (01/07/2021) bahwa APBD 2021 setelah disetujui di Bulan Maret langsung pengajuan ke Gubernur Jawa Timur untuk dilakukan verifikasi.

Kemudian sesudah setengah bulan dirapatkan lagi, dan baru ditetapkan pada Bulan April usai menerima rekening.

Di bulan April 2021 sistem keuangan APBD menggunakan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD). Sehingga ada regulasi baru, yaitu ada ketentuan bahwa untuk penata usaha keuangan menggunakan sirka.

Membutuhkan tahapan-tahapan migrasi dari SIPD ke sirka. Ditambah lagi ada kegiatan refocusing, setelah selesai selanjutnya menyesesuaikan persiapan pengadaan.

Pada tanggal 10 Juni 2021 ada aturan baru dari LKPP sebanyak 5.800 halaman yang harus di pelajari, tentunya tidak mudah seperti yang dibayangkan.

“Baru hari ini ada kegiatan yang kita laksanakan yaitu honor tenaga kesehatan. Terkait serapan anggaran rendah hampir di semua daerah-daerah, maka penyerapan yang cepat itu sifatnya seperti gaji rutin, perjalanan dinas dan membeli ATK bisa kami lakukan sejak awal. Tetapi kalau soal kegiatan fisik masih menunggu Perpres,” terangnya

PEWARTA: SIGIT PURNOMO

0 Comments: