Headlines
Loading...
SMKN 1 Grujugan Berkomitmen Untuk Menciptakan Lulusan “MUKTI”

SMKN 1 Grujugan Berkomitmen Untuk Menciptakan Lulusan “MUKTI”

BONDOWOSO - SMKN 1 Grujugan Bondowoso, menggelar workshop penjaminan mutu dengan komitmen untuk menatap tahun ajaran baru 2021/2022 yang lebih berkualitas.

Acara workshop penjaminan mutu tahunan jelang tahun ajaran baru tersebut diikuti segenap dewan guru dan tenaga kependidikan SMKN 1 Grujugan Bondowoso yang dilaksanakan secara terbatas dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Rabu, (28/07/2021)

SMKN 1 Grujugan sebagai sekolah kejuruan, dituntut untuk mampu mencetak lulusan yang siap kerja dan membuka lapangan pekerjaan sendiri atau menjadi tenaga kerja sesuai dengan permintaan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA). 

Tekad besar tersebut diwujudkan dengan membangun pemahaman bersama warga sekolah melalui workshop penjaminan mutu. Harapannya, sekolah mampu memiliki dua jurusan yakni Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) dan Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPi) tersebut lulusannya bisa menjawab kebutuhan IDUKA.

Mukty Asnan selaku Kepala SMKN 1 Grujugan Bondowoso, dalam sambutannya menegaskan bahwa workshop tahun ini akan lebih mengevaluasi diri sekolah secara keseluruhan berdasarkan delapan standart nasional pendidikan.

“Tantangan SMK ke depan semakin besar, menuntut kita semua untuk bergerak, karena sejatinya perubahan itu ada karena adanya pergerakan” tegas Mukty.

Sementara itu, Kacabdin Jatim wilayah Kabupaten Bondowoso Sugiono Eksantoso dalam pemaparan materi, menegaskan pentingnya link and match pendidikan SMK dan IDUKA agar lulusan SMK benar-benar bisa berdaya guna.

“Kegiatan workshop ini adalah awal baik membangun komitmen bersama menyelenggarakan pendidikan yang lebih berkualitas” tegas Sugiono.  

Setelah pembukaan workshop selesai, dilanjutkan dengan melakukan evaluasi diri sekolah secara menyeluruh dengan metode analisis SWOT.

Melalui diskusi yang cukup panjang, dengan analisis SWOT tersebut akhirnya ditemukan beberapa strategi prioritas membangun sekolah yang lebih produktif dan berkualitas.

Menariknya, dari paparan wakil kepala sekolah bidang kurikulum Rina Agustina diketahui komitmen baru SMKN 1 Grujugan yang dituangkan dengan motto sekolah sesuai dengan naman kepala sekolahnya yaitu MUKTI.

“MUKTI merupakan akronim dari Mandiri, Unggul, Kreatif, Terampil, dan Inovatif, ke depan kami berkomitmen akan menciptakan banyak lulusan yang MUKTI” ujar guru yang pernah kuliah di China tersebut sambil tertawa.

PEWARTA: M. DAIMUL ICHSAN 

0 Comments: