Headlines
Loading...
Pemkab Banyuwangi Salurkan Bantuan Sembako kepada Warung-warung Kecil, PKL dan warga terdampak PPKM Darurat

Pemkab Banyuwangi Salurkan Bantuan Sembako kepada Warung-warung Kecil, PKL dan warga terdampak PPKM Darurat

BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi menyalurkan bantuan untuk warung-warung kecil dan PKL, juga menyalurkan bantuan sembako pada warga yang terdampak PPKM Darurat.

Besar bantuan yang diberikan pada warung-warung kecil dan PKL  sebesar Rp. 300.000, - per warung dan PKL. Bantuan itu diserahkan langsung oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Festiandani. Selasa, (20/07/2021).

Saat penyaluran, Ipuk Festiandani tiap bertemu warung-warung kecil dan PKL selalu melakukan dialog sambil lalu menyerahkan bantuan. Ipuk Festiandani juga mengingatkan untuk selalu menggunakan masker saat berjualan sebagai wujud taat prokes.

“Mohon maaf mengganggu, apa kabar ? Selama jualan selalu memakai masker ya” sapa Ipuk Festiandani Bupati Banyuwangi.

Arman seorang penjual pentol, saat menerima bantuan, mengeluhkan penjualannya yang turun hampir ratusan persen. Sebelum PPKM Darurat, dia bisa menjual 15 kg pentol namun saat PPKM Darurat hanya bisa menjual 3 kg pentol saja.

“Memang turun drastis hasil penjualan saat PPKM Darurat di berlakukan” keluhnya.

Hal senada juga dialami Anwar penjual jamu, karena jam buka dibatasi omsetnya juga berkurang, biasanya sebelum Ppkm Darurat saya buka sampai jam 22.00 Wib., namun saat Ppkm Darurat buka sampai jam 20.00 Wib.

“Omset saya menurun drastis” ujarnya.

Bupati Banyuwangi Ipuk Festiandani  mengatakan, “Sesuai data ada sekitar 3.000 warung dan PKL yang menjadi target bantuan, karena jam operasionalnya dibatasi oleh kebijakan penerapan PPKM Darurat yang tidak membolehkan makan, minum di tempat, dan secara bertahap bantuan akan terus kita salurkan.”

Selain warung dan PKL bantuan juga akan diserahkan kepada pelaku seni, pelaku wisata, penyandang disabilitas, jasa transportasi dan warga terdampak PPKM Darurat.

Jadi selain bantuan pemerintah pusat, berupa bantuan sosial  tunai, bantuan pangan non tunai, BLT DD, PKH dan sembako, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi juga melengkapi berupa sembako. Bantuan tersebut merupakan hasil gotong royong  ASN hampir mencapai 50 ton beras.

“Jangan dilihat besar kecilnya bantuan, tapi ini merupakan ikhtiar baik Pemkab Banyuwangi dalam membantu selama PPKM Darurat diberlakukan.” pungkasnya.

Pewarta Rofi'I, (Sumber: Humas Pemkab. Banyuwangi)

0 Comments: