Headlines
Loading...
Pelaku Wisata Kawasan Kawah Ijen Banyuwangi, Dapat Bantuan Beras

Pelaku Wisata Kawasan Kawah Ijen Banyuwangi, Dapat Bantuan Beras

BANYUWANGI - Sebanyak 215 pelaku usaha yang berada di kawasan wisata kawah Ijen mendapat bantuan beras dari pemerintah kabupaten Banyuwangi.

Bantuan tersebut dalam rangka membantu para pelaku wisata, karena kawasan wisata ijen ditutup saat PPKM Darurat diberlakukan. Penerapan  PPKM Darurat sangat berdampak pada semua sektor termasuk sektor pariwisata di Banyuwangi. Rabu, (14/07/2021).

Bupati Banyuwangi Ipuk Festiandani mengatakan, dengan  ditutupnya kawasan wisata Ijen berdampak pada para pelaku wisata di kawasan tersebut. Untuk itu maka pemerintah kabupaten Banyuwangi memberi mereka bantuan berupa beras sebagai ganti dari penghasilan mereka yang hilang akibat PPKM Darurat.

"Mohon maaf jangan dilihat dari jumlah bantuannya, namun ini merupakan ikhtiar Pemkab. Banyuwangi untuk membantu para pelaku wisata yang terdampak PPKM Darurat " ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Festiandani.

Bu. Ipuk Festiandani juga menjelaskan bahwa jumlah bantuan beras bagi pelaku wisata di kawasan wisata kawah Ijen itu berjumlah 2,1 ton beras atau 2.150 kilogram. Beras itu akan dibagikan kepada 215 pelaku wisata di kawasan wisata ijen, terdiri atas driver trooper, ojek troli, warung dan lain-lain.

Ipuk Festiandani juga minta maaf pada masyarakat karena PPKM Darurat harus kita laksanakan, selain merupakan keputusan pemerintah pusat dan propinsi. Tentunya hal itu untuk melindungi warga masyarakat dari penularan virus covid 19. Oleh karenanya saya minta pada semua masyarakat untuk taat protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (social distance).

“Protokol kesehatan harus ditaati dengan selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak demi diri kita sendiri dan keluarga.” jelasnya.

Sementara itu seorang pelaku wisata Sahlan, menuturkan selama kawasan Kawah wisata Ijen ditutup, ia bekerja serabutan agar bisa memenuhi kebutuhan sehari hari.

“Sebelum kawasan wisata Ijen ditutup saya bekerja sebagai driver trooper dalam melayani para pengunjung kawasan wisata ijen. Alhamdulillah dapat bantuan beras 10 kg, bisa buat makan lebih dari seminggu.” tutupnya. 

Pewarta: Rofi'i (Sumber: Humas Pemkab. Banyuwangi)

0 Comments: