Headlines
Loading...
Taufik Hidayat, Pendekar Literasi Kota Tape Ciptakan Perpustakaan Ala Cafe Hingga Penerbitan Buku

Taufik Hidayat, Pendekar Literasi Kota Tape Ciptakan Perpustakaan Ala Cafe Hingga Penerbitan Buku

BONDOWOSO - Tepat di Jalan Letnan Rantam, Poncogati, Curahdami, Bondowoso, merupakan satu-satunya tempat yang menjadi pilihan Taufik Hidayat (35 Th) itu untuk membuat perpustakaan atau taman baca bernama Library Cafe. Sebuah perpustakaan yang dikemas ala cafe. Selain dapat membaca buku sepuasnya, pengunjung juga bisa memesan  makanan dan minuman sebagai teman membaca.

Menurut Taufik Hidayat, atau yang kerap disapa Mas Taufik itu, ia menyampaikan bahwa adanya Library Cafe miliknya itu berawal dari kegelisahannya melihat Literasi di Bondowoso yang menurutnya sangat minim. Sehingga ia  kemudian mencoba membuat perpustakaan yang di dalamnya terdapat Cafe.

“Saat ini sudah ada 3.500 buku dan 5000 e-book di Library Cafe. Tujuannya supaya masyarakat Bondowoso tidak bingung untuk mencari tempat baca buku maupun mengerjakan tugas kuliah.” Jelasnya saat diwawancara. Senin (07/06/2021).

Bukan hanya pandai membuat taman baca bermodel cafe saja, ia ternyata juga mahir dalam soal menulis, terbukti sudah ada 30 buku hasil karyanya yang sudah ia terbitkan.

“Saya membuat buku alasannya karena saya suka menulis. Dengan konsisten menulis, saya bisa menghasilkan beberapa buku dalam satu bulan.”

Dari sekian buku yang ia tulis, harapannya tidak lain untuk menumbuhkan semangat dan mengembangkan literasi di Bondowoso, serta hasil-hasil karyanya tersebut bisa menjadi kontribusi bagi  Kabupaten Bondowoso, utamanya bisa menjadi bacaan untuk masyarakat.

“Saya terus berkarya kuncinya hanya satu, 'Konsisten'. Jika kita konsisten, maka kita bisa terus melahirkan karya.” Pungkasnya.

Saat ini, Library Cafe sering dikunjungi oleh berbagai kalangan baik tua maupun muda terlebih para kalangan pelajar dan mahasiswa. Selain itu, Library Cafe juga sering mengadakan acara bedah buku yang acaranya diberi nama “Nyalep Kacer”.

Pewarta: IMRON RASYIDI





0 Comments: