Headlines
Loading...
Revitalisasi KUA, Kankemenag Jember Kembali Launching Kampung Mashlahah

Revitalisasi KUA, Kankemenag Jember Kembali Launching Kampung Mashlahah

JEMBER - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember kembali Launching Kampung Mashlahah di Dusun Tambak Desa Sumberagung Rejo Kecamatan Sumberbaru, pada hari Rabu, (16/06/2021).

Acara yang bertajuk religius, sejahtera, intelektual dan Nasionalis ini dihadiri oleh lintas sektoral di wilayah binaan KUA Kecamatan Sumber baru, sebagaimana dikatakan Adnan Widodo, S,Ag., MH.I selaku kepala KUA Kecamatan Sumber.

“Launching kampung mashlahah dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, hadir diantaranya adalah muslimat NU MWC Sumberbaru, GP Ashor MWC Sumber baru, PSHT Ranting Sumber baru, dan Yayasan Dana Sosial Al-Falah Cabang Jember, dan Pemerintah Desa Sumberagung”, ungkapnya.

Adnan melanjutkan bahwa terbentuknya Kampung Mashlahah ini merupakan hasil pemetaan objek dakwah yang dilakukannya. Menurutnya di wilayah Dusun Tambak Rejo ini terdapat potensi masyarakat yang perlu dikembangkan baik dari sisi profesi, strata sosial ekonomi dan keagamaan.

Dengan berbagai proses pembinaan di kampung mashlahah seperti Majlis Ta’lim, pemberantasan buta aksara Al-Qur’an bagi Lansia, pembinaan dan sosialisasi keluarga sakinah, pembinaan dan sosialisasi zakat, pembinaan dan sosialisasi waqaf, pendampingan sertifikat produk halal UMKM, sosialisasi moderasi dan kerukunan umat beragama, pencegahan Radikalisme dan aliran sempalan serta pencegahan penyalahgunaan obat-obatan terlarang adalah upaya kita untuk membentuk masyarakat yang sejahtera.

“Pembinaan ini kami lakukan agar supaya masyarakat sejhtera dan menjadi masyarakat yang bahagia, sebab cirri masyarakat yang bahagia dan beruntung adalah memliki istri sholehah, keturunan yang baik, teman sosialnya baik, dan mata pencahrian berada di tempat mereka tinggal” pungkas pria kelahiran Gumukmas itu.

Muhammad Muslim M, Sy. Kepala seksi bimbingan masyarakat Islam kankemenag Jember menegaskan bahwa Kampung mashlahah sebagai mana namanya mashlahah harapannya sesuai dengan namanya yaitu memberikan kemaslahatan kepada umat.

“Kampung ini harus menjadi pioneer dalam kemaslahatan umat sebagaimana namanya kampung mashlahah. tegasnya.

Muslim juga melanjutkan bahwa launching kampung hari ini adalah yang ke 17 dari 31 Kecamatan yang ada di Kabupaten Jember, ini merupakan bentuk dari implementasi paradigma baru Kemenag Republik Indonesia yang disampaikan melalui Dirjen Bimas Islam tentang Revitalisasi Kantor Urusan Agama.

“ini adalah bukti implementasi Revitalisasi KUA dengan sentuhan para penyuluh Agama Islam, selain itu sebagai bukti bahwa penyuluh Agama Islam di bawah kementrian agama melalui KUA di Kecamatan benar-benar hadir di tengah kehidupan masyarakat”. Lanjut pria asal pulau garam itu.

Pemerintah Desa Sumberagung juga turut senang dengan adanya kegiatan Launching kampung mashlahah ini pasalnya dengan adanya kampung binaan yang berupa kampung mashalah Desa Sumberagung, masyarakatnya akan semakin baik dan bersahaja.

Sebagaimana dinyatakan oleh pemerintah desa melalui Sekdes Sumberagung

“Alhamdulillah kami mendukung sekali dengan adanya kampung mashlahah di bawah pemerintahn kami, sebab ini adalah untuk menata masyarakat ke depan agar semakin baik dan bersahaja”, ujar Agus Sekdes Sumberagung.

Bapak Muhammad, S.Sos, M.Pd.I, Kepala Kantor Kementerian Agama berharap, untuk membuktikan kesejahteraan masyarakat di Sumberagung ini advokasi ke depan perlu diperhatikan jangan asal launching lalu dibiarkan.

“kita target satu tahun kedepan, dua tahun kedepan kita evaluasi seperti apa hasilnya, dan bagaimana output yang didapat masyarakat, minimal nanti pada harlah pertama kampong mashlahah ini harus ada peningkatan, meski saya lihat sekarang antusias masyarakat tinggi sekali, namun kedepan ini apakah masih bertahan atau tidak adalah tanggungjawab kita semua, terutama Penyuluh Agama Islam yang merupakan garda terdepan kemenag untuk menyentuh langsung masyarakat”. harapnya, dalam sambutan dan sekaligus meresmikan kampung mashalahah kemarin.  

Pewarta : Mohammad Hosni

Editor : Nurul Yaqin

 #DulurkemenagJember #Bimais_jember #penyuluh_keren #Sahabatreligi

0 Comments: