Headlines
Loading...
Petani Tembakau Desa Sidowangi, Panen Raya Bersama Wakil Bupati Banyuwangi

Petani Tembakau Desa Sidowangi, Panen Raya Bersama Wakil Bupati Banyuwangi

BANYUWANGI - Hari ini petani tembakau dan wakil bupati Banyuwangi, Sugirah, melakukan panen raya tembakau. Acara yang dipusatkan di Dusun Pancoran Desa Sidowangi itu dihadiri oleh wakil Bupati Banyuwangi, Kepala Dinas Pertanian Banyuwangi, Forkopimda Kecamatan Wongsorejo, para petani tembakau dan masyarakat umum. Rabu, (09/06/2021).

Kepala Desa Sidowangi, Muansin dalam sambutannya memaparkan bahwa potensi lahan pertanian di Sidowangi sangat cocok untuk tanaman tembakau, dari 634 hektar lahan pertanian di Desa Sidowangi, 400 hektar adalah lahan petani tembakau. Sehingga saat musim panen tembakau, di Desa Sidowangi  sangat melimpah.


Menanam tembakau bagi masyarakat Desa Sidowangi merupakan tanaman utama disamping tanam jagung dan cabe, jenis tanaman tembakau yang ditanam petani tembakau di Desa Sidowangi adalah jenis tembakau Baleno, tembakau Mores dan tembakau Kebun Mawar.


“Hasil panen tembakau kemudian dirajang, di jemur, di kemas dan siap dikirim ke pabrik” paparnya.


Selanjutnya karena struktur lahan pertanian di Desa Sidowangi adalah lahan tadah hujan, maka diharapkan  kedepan pemerintah kabupaten Banyuwangi mau membantu penyediaan sarana dan prasarana air bagi pertanian di Desa Sidowangi.


Jika air terpenuhi maka dapat dipastikan petani bisa panen tembakau  sebanyak 2 kali dan Desa Sidowangi akan menjelma menjadi Desa sentra tembakau di Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi.


Apabila per hektar bisa panen 5 ton maka Desa Sidowangi sudah layak memiliki gudang atau pabrik tembakau. Selama ini hasil panen tembakau Desa Sidowangi dikirim ke pabrik rokok Temanggung Jawa Tengah.


“Apabila hal itu terwujud maka  perekonomian masyarakat akan meningkat dan kesejahteraan masyarakat tercapai”.  imbuhnya.


Camat Wongsorejo, Ibu Sulistyowati menyambut baik adanya panen raya tembakau ini, dan berharap ke depan pertanian di Desa Sidowangi makin tertata dengan baik dan bisa menjadi sentra tembakau yang akan berdampak positif bagi kemajuan perekonomian warga Desa Sidowangi umumnya masyarakat Kecamatan Wongsorejo.


Ia juga akan selalu memberi motivasi pada masyarakat untuk tidak tidak lelah jadi petani. Seperti yang menjadi harapan masyarakat petani tembakau Sidowangi, pihak pemerintah kecamatan akan mensuport dan memfasilitasi khususnya dalam rangka pemenuhan kebutuhan air bagi pertanian di Desa Sidowangi.

“kita akan bantu melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah kabupaten terkait keinginan dan harapan masyarakat Desa Sidowangi”. ujarnya.


Sementara itu Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah mengatakan apa yang menjadi harapan masyarakat petani Desa Sidowangi, akan kita perhatikan dan segera ditindak lanjuti oleh instansi terkait pertanian.


Mudahan mudahan kedepan potensi tembakau di Desa Sidowangi bisa menjadi andalan. Kalau dilihat dari struktur tanah pertanian di Desa Sidowangi, memang kita harus dapat menjaga sumber air dan tepian sungai. Tanah-tanah tandus harus segera ditanami agar mampu menjadi sumber mata air atau bisa menyimpan air.

“Itu akan menjadi perhatian Dinas Lingkungan Hidup dan instansi terkait lainnya guna mendukung apa yang menjadi harapan petani Desa Sidowangi dalam pemenuhan kebutuhan air bagi pertaniannya”. jelasnya.

 

Pewarta: Rofi'i

0 Comments: