Headlines
Loading...
Peringati Hari Bhayangkara, Polres Jember Beri Layanan Khusus SIM Berhadiah Untuk Difable

Peringati Hari Bhayangkara, Polres Jember Beri Layanan Khusus SIM Berhadiah Untuk Difable

JEMBER - Peringati Hari Bhayangkara Ke-75, Kepolisian Resort Jember memberikan layanan khusus untuk penerbitan SIM D bagi penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus yang ingin mengendarai kendaraan. Sabtu (26/06/2021).

Didukung Panitia Jember SAE dan Organisasi Penyandang Disabilitas Jember yaitu PERPENCA dan NPCI, Kegiatan proses pembuatan SIM itu mengangkat tema " Dari Dan Oleh Disabilitas Untuk Polisi Indonesia".

Terdaftar 20 Orang Pemohon penyandang disabilitas tetap diwajibkan mengikuti prosedur  mekanisme penerbitan SIM, Ujian Tulis dan Ujian Pratek.

Ujian praktek bagi orang berkebutuhan khusus tidak bisa disamakan dengan masyarakat pada umumnya. Selain track ujian praktek yang dilalui berbeda. Khusus peserta ujian penyandang disabilitas dibolehkan memakai kendaraan sendiri.

Satpas Polres Jember menyiapkan fasilitas kursi roda untuk mempermudah pengurusan SIM serta penyandang disabilitas didampingi oleh petugas mulai dari pendaftaran sampai proses selesai.

Menariknya, pada pelaksanaan ujian, ada petugas yang melakukan penilaian. Bagi peserta ujian dengan nilai ujian praktek dan ujian tertulis terbaik diberikan hadiah uang tunai, bagi pemenang juara 1, 2 dan 3.

“Kami ingin memberikan layanan prima, Kami buat pemohon SIM berkebutuhan khusus mendapat layanan senyaman mungkin", kata Kasat Lantas AKP Jimmy Heryanto H Manurung, SH, SIK.

Kesadaran pentingnya memiliki SIM di kalangan difable cukup tinggi. "Mereka merasakan sendiri pentingnya memiliki SIM untuk keselamatan diri sendiri maupun orang lain," kata Jimmy. 

Mohammad Hosin, (Sumber: Humas Polres Jember)

0 Comments: