Headlines
Loading...
Pemdes Bengkak Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi, Gelar Sosialisasi SDGs Desa Dan Pemutakhiran IDM Tahun 2021.

Pemdes Bengkak Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi, Gelar Sosialisasi SDGs Desa Dan Pemutakhiran IDM Tahun 2021.

BANYUWANGI - Pemerintah Desa Bengkak Wongsorejo Banyuwangi dan Team Konsultan Pendamping DD Kementerian Desa yang ditempatkan di Kecamatan Wongsorejo menggelar sosialisasi dan pembekalan Pokja Pendataan SDGs Desa dan pemutakhiran IDM bagi Pokja Desa bengkak.

Acara tersebut guna memberi bimbingan dan pembekalan  pada hal yang harus dilakukan bagi Pokja sehingga hasilnya akan berdampak pada arah pembangunan menyeluruh khususnya di Desa bengkak.

Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia termasuk Indonesia,bertujuan guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

SDGs berisi 17 tujuan dan 169 target yang diharapkan dapat tercapai pada tahun 2030.

SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan serta ekonomi Desa tumbuh merata. Selasa, (15/06/2021)

Dalam paparannya Sulus selaku konsultan pendamping Dana Desa Kementerian Desa, banyak menekankan pada sasaran yang harus dilakukan pokja saat melakukan pendataan dan hal yang tidak boleh didata.

Pendataan meliputi semua warga masyarakat kecuali pendatang, pekerja dari luar Desa dan profesi, aset dan jumlah sarana ibadah.

Situs budaya yang ada di Desa adalah bagian yang harus didata.

Data ini akan digunakan untuk kebijakan pembangunan ke depan, sehingga arah kebijakan pembangunan di Desa Bengkak merata dalam keadilan.

Cakupan pendataan mencakup ekonomi, sosial budaya dan norma, kamtibmas dan lingkungan, aset negara yang ada di desa, rumah ibadah, badan usaha dan serta lain nya yang berhubungan dengan pendataan.

“Awali pendataan dari keluarga dan individu warga.maka semua akan di ketahui hal yang berkenaan dengan pendataan” jelasnya.

Sementara itu Kepala Desa Bengkak H. Mustain Romli pada media mengatakan, ini merupakan acara pembekalan teknis pendataan SDGs Desa pada Pokja yang nantinya akan bertugas turun ke masyarakat untuk mendata sesuai dengan target yang dipaparkan oleh petugas dari kementerian desa dan pendamping desa.

Diharapkan nantinya hasil pendataan menjadi database desa sebagai acuan rencana  pembangunan yang merata di Desa Bengkak ke depan.

“Mereka adalah para kader Desa yang nantinya akan mendata sesuai arahan konsultan dari kementerian Desa dan Pendamping Dana Desa (DD). Hasil pendataan mereka akan menjadi acuan pembangunan yang merata bagi masyarakat Desa Bengkak, sehingga tepat sasaran dan bisa menjadikan Desa Bengkak maju dan rakyatnya sejahtera”. pungkasnya. 

PEWARTA ROFI'I.

0 Comments: