Headlines
Loading...
Gus Firjaun: Vaksinasi Sebagai Bentuk Ikhtiar Untuk Meminimalisir Tertularnya Virus Covid-19

Gus Firjaun: Vaksinasi Sebagai Bentuk Ikhtiar Untuk Meminimalisir Tertularnya Virus Covid-19

JEMBER – Perkembangan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Jember per-hari mengalami penambahan. Penularan virus corona masih terjadi di masyarakat hingga saat ini, sehingga pemerintah dari pusat sampai daerah sangat gencar melakukan vaksinasi masal dengan target 1 juta dosis vaksin per hari.

Wakil Bupati Jember Muhammad Balya Firjaun Barlaman atau akrab dipanggil Gus Firjaun, saat dikonfirmasi melalui ponselnya mengatakan varian delta atau varian terbaru virus Covid-19 sangat berbahaya.

”Varian delta ini lebih ganas lewat piring bekas saja bisa tertular,”katanya, Jumat (25/06/2021).

Saat diminta pendapatnya terkait banyaknya warga yang sudah melakukan vaksinasi namun masih tertular, beliau mengibaratkan vaksinasi adalah jas hujan yang dipakai untuk melindungi tubuh dari hujanFungsi utama jas hujan sebagai bentuk ikhtiar untuk meminimalkan masuknya air yang mengenai bagian tubuh dan pakaian.

”Vaksin niku kados jas hujan mengurangi resiko basah, bukan berarti yang sudah pakai jas hujan lantas gak akan basah sama sekali. Demikian juga dengan vaksin, mengurangi resiko kena,”terangnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Ashtra Talangsari Kaliwates Jember itu kemudian berpesan agar masyarakat tetap melakukan vaksinasi dengan mendatangi tempat-tempat yang telah disediakan oleh pemerintah seperti Rumah Sakit, Puskesmas, Balai Desa, Kelurahan dan lain sebagainya.

”Untuk warga yang belum vaksin, mari ikut vaksin untuk mengurangi resiko tertularnya virus, dan untuk warga yang telah divaksin jangan abai tetap patuhi protokol kesehatan”, pungkasnya.

Menurut rilis data Satgas Penanganan Covid-19 per tanggal 24 Juni 2021, jumlah warga yang terkonfirmasi positif Corona atau Covid-19 saat ini berjumlah 149 orang, mengalami kenaikan bertambah 37 orang dari data sehari sebelumnya.

Virus Corona atau Covid-19 ini tidak mengenal stratifikasi sosial masyarakat, jadi siapapun bisa tertular dan menjadi korban Covid-19 baik dari masyarakat biasa hingga pejabat.

Terkonfirmasi dua anggota DPRD Kabupaten Jember positif, padahal mereka telah menjalani vaksinasi lengkap. Bahkan Gubernur Khofifah kembali terkonfirmasi positif covid -19.

Meningkatnya jumlah pasien Covid-19, Pemerintah Kabupaten Jember melarang masyarakat menggelar hajatan yang berpotensi menyebabkan kerumunan.

H. Hendy Siswanto, Bupati Jember akan menunda kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) yang rencananya akan digelar akhir pekan ini. Keputusan itu tertuang pada surat instruksi Bupati Jember yang tertanggal 23 Juni 2021.

Mohammad Hosni



0 Comments: