Headlines
Loading...
Cegah Penyebaran Covid-19, Puskesmas Wonosari Bekerja Sama dengan Pondok Pesantren Manbaul Ulum Tangsil Wetan, Lakukan Program Vaksinasi

Cegah Penyebaran Covid-19, Puskesmas Wonosari Bekerja Sama dengan Pondok Pesantren Manbaul Ulum Tangsil Wetan, Lakukan Program Vaksinasi

BONDOWOSO - Sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus covid-19, Puskesmas Wonosari Bondowoso bekerja sama dengan Pondok Pesantren Manbaul Ulum Tangsil Wetan Wonosari Bondowoso melaksanakan program vaksinasi bagi pengurus dan tenaga pendidik yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Manbaul Ulum.

Sebanyak 121 orang yang hadir, dari kalangan pengurus dan tenaga pendidik pondok pesantren yang ikut serta dalam program vaksinasi tersebut. Selasa, (08/06/2021)

Program vaksinasi ini sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya, namun baru bisa terealisasi hari ini. Alasannya, adalah mekanisme program vaksinasi yang dilakukan secara bertahap sesuai prioritas objek.

Feni Sabdaniah, A.Md. Keb, Ketua Pelaksana Program Vaksinasi, menyatakan “Pondok Pesantren adalah salah satu prioritas program vaksinasi dalam mencegah penyebaran covid-19”.

Menurutnya, Pondok Pesantren sebagai salah satu satuan pendidikan Islam, yang menjadi fokus perjumpaan dalam aktivitas sosial yang sangat intens di tengah masyarakat. Hal ini, berpotensi menjadi kluster penyebaran covid-19, jika protokol kesehatan tidak dikontrol dan dijaga.

“Pondok Pesantren Manbaul Ulum Tangsil Wetan yang notabene merupakan Pondok Pesantren rujukan dalam pencegahan covid-19 di wilayah Wonosari, sehingga diprioritaskan dalam program vaksinasi ini", tambahnya

Khairul Anam, S.Pd.I, Kordinator pelaksana dari Pondok Pesantren Manbaul Ulum menegaskan “pelaksanaan vaksinasi ini sangat penting bagi semua pengurus dan tenaga pendidik, karena mereka merupakan garda terdepan dan memiliki aktivitas yang berhadapan langsung dengan banyak orang terutama santri atau siswa, sehingga kami menghimbau kepada semua pengurus dan tenaga pendidik secara serentak untuk ikut serta dalam program vaksinasi ini “.

Khairul juga menambahkan “bagaimanapun juga, kami melaksanakan program vaksinasi  ini tetap dalam koridor protokol kesehatan, sebab itu yang paling penting”.

Ning Asia Anis Sulalah sebagai peserta yang divaksin, mengkonfirmasi bahwa program vaksinasi ini sangat penting dan bermanfaat di tengah penyebaran covid-19 yang semakin horor, pertambahan jumlah suspect yang signifikan.

Baginya, program vaksinasi ini setidaknya menjadi salah satu ikhtiar dalam membantu meringankan pemerintah dalam mencegah penyebaran covid-19 yang melumpuhkan masyarakat dalam semua aspek.

Di akhir pelaksanaan, Khairul Anam mengatakan bahwa Ia bersyukur atas pelaksanaan vaksinasi yang berjalan dengan lancar dan kondusif.

“Alhamdulillah pelaksanaan program vaksinasi ini berjalan lancar dan dilakukan secara tertib sesuai dengan aturan protokol kesehatan (prokes). Program vaksinasi ini bisa dikatakan sukses, karena secara prosentase kehadiran peserta vaksin dari 130 peserta yang terdaftar, ada 121 yang hadir dan sudah tervaksin”.

Pewarta: Akhmad Ghasi Pathollah

0 Comments: