Headlines
Loading...
Meningkatkan Tata Guna Air,  Pemdes Kasemek Bangun Saluran Irigasi

Meningkatkan Tata Guna Air, Pemdes Kasemek Bangun Saluran Irigasi

 

BONDOWOSO - Pemerintah Desa (Pemdes) Kasemek Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso Jawa Timur membangun saluran Irigasi untuk meningkatkan tata guna saluran air irigasi (P3-TGAI) Tahap I di wilayah Desa Kasemek. Jum'at, (21/05/2021). 

Kementerian Pekerjaan Umum melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, kembali melaksanakan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi di singkat “P3-TGAI”. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung program Ketahanan Pangan Nasional dan upaya peningkatkan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat tani dalam rehabilitasi irigasi kecil secara partisipatif khususnya di wilayah pedesaan. 

Rehabilitasi irigasi kecil secara partisipatif merupakan wujud pemberdayaan masyarakat tani secara terencana dan sistematis untuk meningkatkan kinerja pengelolaan jaringan irigasi kecil. 

Pembangunan yang terletak di komplek persawahan Dusun Pakel Desa Kasemek juga merupakan  Program Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Desa Besar Sungai Brantas Tahun Anggaran 2021 yang dilaksanakan oleh Hippa Kusuma Tani Desa Kasemek. 

Kepala Desa Kasemek, Febri Kristian Ludiyanto menyampaikan program ini sangat bermanfaat untuk memperkuat dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam kegiatan pengelolaan jaringan irigasi bagi para petani pengguna air di Desa Kasemek. 

"Terima kasih yang tak terhingga kami sampaikan kepada Kementerian PUPR atas terlaksananya program ini. Semoga para petani pengguna air di Desa Kasemek dapat merasakan manfaat dari program ini”. Ucapnya. 

Pengerjaan saluran irigasi di komplek persawahan Dusun Pakel Desa Kasemek tersebut dilakukan oleh petani setempat dengan diberikan upah. Sehingga masyarakat petani sangat senang mendapatkan tambahan penghasilan, dimana kondisi ekonomi sulit karena adanya pandemi covid -19. 

“Kami sangat berterima kasih atas nama masyarakat Desa Kasemek, kondisi pandemi covid 19 saat ini, masyarakat masih bisa mendapatkan penghasilan dengan bekerja melalui program ini." Ucap Febri

 

Mohammad Daimul Ichsan 


0 Comments: